Skip to content
Home » Doa Haji Komplit yang dapat Membawa Berkah dan Keselamatan

Doa Haji Komplit yang dapat Membawa Berkah dan Keselamatan

Doa Haji Komplit yang dapat Membawa Berkah dan Keselamatan

Haji adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu menghadapinya setidaknya sekali dalam hidupnya. Namun, perjalanan haji bukan hanya sebatas fisik semata. Perjalanan haji juga meliputi aspek spiritual dan mental bagi para jamaah yang menjalankannya. Adapun salah satu ritual yang penting dalam perjalanan haji yaitu doa. Oleh karena itu, akan sangat bermanfaat bagi para jamaah haji untuk mengetahui doa haji komplit yang dapat membawa berkah dan keselamatan.

Doa Masuk Masjidil Haram

Sebelum memulai ibadah haji, para jamaah akan mengunjungi Masjidil Haram di Mekah. Untuk itu, mereka disarankan untuk membaca doa masuk Masjidil Haram sebagai bentuk permohonan ampun dan keberkahan dalam menjalankan ibadah haji. Berikut adalah doa masuk Masjidil Haram:

أعوذ بالله العظيم وبوجهه الكريم وسلطانه القديم من الشيطان الرجيم.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan kehadiran-Nya yang Mulia, dan kekuasaan-Nya yang Abadi, dari godaan setan yang terkutuk.

Doa Tawaf

Setelah melakukan thawaf, para jamaah disarankan untuk membaca doa tawaf sebagai bentuk syukur dan permohonan ampun atas ibadah yang telah dilakukan. Berikut adalah doa tawaf:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Doa Sa’i

Setelah menyelesaikan thawaf, para jamaah melanjutkan perjalanan ke Safa dan Marwah untuk melaksanakan sa’i. Berikut adalah doa sa’i yang bisa dilafalkan:

رَبَّنَا اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتُبْ عَلَيْنَا، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ.

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, berikanlah rahmat-Mu kepada kami, dan terimalah taubat kami, Sesungguhnya Engkau adalah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Doa Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah adalah salah satu momen terpenting dalam perjalanan haji. Para jamaah berkumpul di Arafah untuk berdoa dan memohon ampunan dari Allah SWT. Berikut adalah doa yang dapat dibaca saat berada di Arafah:

لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَريكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya pula segala pujian. Dia memegang hidup dan mematikan. Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Doa saat Mabit di Muzdalifah

Mabit di Muzdalifah dilakukan antara Maghrib hingga subuh pada malam hari haji. Selama berada di Muzdalifah, para jamaah disarankan untuk membaca doa sebagai bentuk kekhusyukan dan permohonan ampun. Berikut adalah doa yang dapat dibaca saat mabit di Muzdalifah:

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ.

Artinya: Maha Suci Allah yang telah menundukkan zat ini kepada kami, padahal sebelumnya kami tidak kuasa menghancurkannya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Doa saat Melontar Jumrah

Melontar jumrah merupakan salah satu ritual yang dilakukan pada hari-hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah). Saat melontar jumrah, para jamaah disarankan untuk membaca doa agar dilindungi dari godaan setan dan terhindar dari bahaya. Berikut adalah doa saat melontar jumrah:

اللّهُ أَكْبَرُ.

Artinya: Allah Maha Besar.

Doa saat Thawaf Wada

Thawaf wada dilakukan sebagai bentuk perpisahan dengan Ka’bah dan Masjidil Haram sebelum para jamaah kembali pulang ke tanah air. Saat melakukan thawaf wada, disarankan untuk membaca doa agar diampuni segala dosa dan kesalahan selama menjalankan ibadah haji. Berikut adalah doa saat thawaf wada:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya: Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan hindarkan kami dari siksa neraka.

Dengan mengetahui doa haji komplit yang dapat membawa berkah dan keselamatan, diharapkan para jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan maksimal dan mendapatkan keberkahan serta rahmat Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.

BACA JUGA:   Doa Jamaah Haji Saat Wukuf