Skip to content
Home » Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Ketika Ramadan tiba, umat Muslim di seluruh dunia bersiap-siap untuk menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah adalah sumbangan yang dibayarkan pada akhir bulan Ramadan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang kurang beruntung. Namun, banyak orang masih bingung tentang waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah. Berikut adalah penjelasannya.

Apa itu Zakat Fitrah?

Sebelum membahas waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah, kita perlu memahami apa itu zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang mampu pada akhir bulan Ramadan. Zakat fitrah ini berbeda dengan zakat mal, yang dikeluarkan dari harta kekayaan.

Waktu yang Tepat untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Terdapat beberapa waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah. Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah:

1. Sebelum Salat Idul Fitri

Waktu yang paling tepat untuk menunaikan zakat fitrah adalah sebelum salat Idul Fitri. Sebenarnya, zakat fitrah ini dikeluarkan sebelum melakukan shalat Idul Fitri. Oleh karena itu, jika dikeluarkan setelah shalat Idul Fitri, maka zakat fitrah tersebut tidak sah.

2. Sebelum Waktu Shalat Idul Fitri

Waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah adalah sebelum waktu shalat Idul Fitri tiba. Ini berarti bahwa Anda harus menunaikan zakat fitrah sebelum matahari terbit pada hari Idul Fitri. Jangan menunda pembayaran zakat fitrah hingga waktu shalat Idul Fitri, karena itu terlambat.

3. Sebelum Akhir Bulan Ramadan

Waktu terakhir untuk menunaikan zakat fitrah adalah sebelum akhir bulan Ramadan. Jangan menunda zakat fitrah hingga setelah bulan Ramadan berakhir, karena itu terlambat. Jika Anda menunda pembayaran zakat fitrah hingga setelah bulan Ramadan berakhir, maka zakat fitrah tersebut tidak sah.

BACA JUGA:   Berapa Harga Zakat 2019: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Besaran Zakat Fitrah

Berapa besar zakat fitrah yang harus Anda bayarkan? Besarannya tergantung pada harga bahan makanan pokok yang berlaku di lokasi Anda. Secara umum, zakat fitrah adalah satu sha’ makanan pokok yang biasa dikonsumsi penduduk setempat. 1 sha’ setara dengan sekitar 2,5 kilogram.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah waktu yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah adalah sebelum salat Idul Fitri, sebelum waktu shalat Idul Fitri tiba, atau sebelum akhir bulan Ramadan. Jangan menunda pembayaran zakat fitrah hingga terlambat. Besarannya tergantung pada harga bahan makanan pokok yang berlaku di lokasi Anda. Dengan menunaikan zakat fitrah di waktu yang tepat, Anda membantu mereka yang kurang beruntung dan meningkatkan pahala bagi diri Anda sendiri.