Skip to content
Home » Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat muslim adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah sendiri merupakan zakat yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan sebagai wujud syukur atas nikmat sehat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Lalu, siapa saja yang wajib membayar zakat fitrah? Berikut ini daftar orang yang diwajibkan membayar zakat fitrah:

1. Orang Muslim

Orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah orang muslim. Orang muslim yang dimaksud adalah orang yang telah memeluk agama Islam dan belum murtad.

2. Mampu Membayar

Orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang mampu membayarnya. Orang yang mampu di sini berarti orang yang memiliki harta yang melebihi kebutuhan pokoknya dan telah mencapai nisab.

3. Mampu Memberikan Sembako

Zakat fitrah dapat diberikan dalam bentuk uang atau sembako. Bagi orang yang memiliki harta yang cukup, dianjurkan untuk memberikan zakat fitrah dalam bentuk sembako. Namun, bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk membeli dan menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk sembako, dapat memberikan zakat fitrah dalam bentuk uang.

4. Seseorang yang Sudah Dewasa

Orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang sudah dewasa atau telah mencapai usia baligh. Bagi anak-anak yang belum dewasa, orang tua mereka yang wajib untuk membayarkan zakat fitrah.

5. Orang yang Masih Hidup pada Malam Hari Raya Idul Fitri

Zakat fitrah harus dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri. Oleh karena itu, orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang masih hidup pada malam hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:   Yang Berhak Menerima Zakat Adalah

Itulah beberapa daftar orang yang wajib membayar zakat fitrah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dalam memenuhi kewajiban sebagai umat muslim. Jangan lupa untuk selalu mengeluarkan zakat fitrah setiap tahunnya. Sumber: Tambah Pahala Dengan Membayar Zakat Fitrah