Skip to content
Home » Kumpulan Lengkap Doa-doa pada Saat Haji

Kumpulan Lengkap Doa-doa pada Saat Haji

Kumpulan Lengkap Doa-doa pada Saat Haji

Pada saat melaksanakan ibadah haji, doa adalah hal yang sangat penting. Doa bisa membantu memperkuat iman dan bisa menjadi pengingat bagi jamaah untuk senantiasa berdoa kepada Sang Pencipta. Berikut ini adalah kumpulan lengkap doa-doa yang bisa dibaca oleh jamaah pada saat melaksanakan haji.

Doa Iftitah

Doa Iftitah adalah doa yang dibaca saat memulai segala kegiatan. Begitu pula dengan ibadah haji, doa Iftitah juga dibaca sebelum melakukan ibadah.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Alhamdu lillaahi rabbil aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maaliki yawmiddiin. Iyyaaka na’budu wa-iyyaaka nasta’iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina anamta alayhim ghairil maghdhuubialayhim wa ladhdhaaalliin. Aamiin.

Artinya, "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka dan bukan jalan mereka yang Engkau murkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat."

Doa Setelah Iftitah

Setelah membaca doa iftitah, dibaca doa setelah iftitah agar umat muslim dapat memohon pertolongan serta memohon agar dijauhkan dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi.

Allahumma baarik lanaa fiy hajiinaa wa umratinah, wataqabbal da’waatana wa’-amalanaa, waghfir lanaa durubanaa wa khataayaanaa, wansurnaa ‘alaa qawmidhdhaalimiin.

Artinya, "Ya Allah, limpahkanlah keberkahan atas haji dan umroh kami, terimalah doa dan amalan kami, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang zalim."

BACA JUGA:   Doa Selamat Haji dan Umroh

Doa pada saat Tawaf

Tawaf adalah rangkaian ibadah haji yang dilakukan saat tiba di Masjidil Haram. Saat melaksanakan tawaf, jamaah disunnahkan membaca doa-doa tertentu.

Doa Sebelum Tawaf

Doa ini dibaca sebelum memulai tawaf.

Bismillaahi wallaahu akbar.

Artinya, "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar."

Allaahumma antal ‘aazzul akramul kariimul haqqul mubiinulladzii laa yakhluqu mitsluhu shay’ wa laa yaf’alu mitsu alaa’ul a’dzii walahul ‘izzatu wal akrama walahul jamaalu wal javaru wabikaa nasta’iin.

Artinya, "Ya Allah, Engkau Dzat yang Maha Mulia, Maha Baik, Maha Benar, Dzat yang jauh dari segala sifat buruk, hanya kepengurusan-Mu yang berhak, hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan."

Doa Ketika Melintasi Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah batu yang berwarna hitam dan terletak di sudut Kabah. Saat melakukan tawaf, jamaah disunnahkan untuk mengerjakan atau mencium Hajar Aswad dan membaca doa.

Bismillaahi wallaahu akbar.

Artinya, "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar."

Allaahumma akbarun wal hamdulillaah wallaahu akbar wa lailaaha illallaahu wallaahu akbar walillaahil hamdu alaama hadaana.

Artinya, "Ya Allah, Maha Besar dan segala puji hanya bagi Allah Yang Maha Besar. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah. Maha Besar Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, atas petunjuk-Nya kami mendapat hidayah."

Doa Sesudah Tawaf

Setelah menyelesaikan tawaf, jamaah disunnahkan membaca doa sebagai penutup.

Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wal afwika wa rizhwaanika waminal jannati darajaatan wa min ‘adzaabi an naar.

Artinya, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu anugerah-Mu, ampunan-Mu, keridhaan-Mu, dan dari surga tempat yang tinggi, dan dari siksa api neraka."

Doa Safar

Setelah menunaikan ibadah haji, jamaah disunnahkan membaca doa Safar. Doa ini dibaca saat akan kembali pulang ke daerah masing-masing.

Subhaanal-latii sakharallanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya, "Mahasuci Allah yang telah menundukkan segala makhluk untuk kami, padahal sebenarnya kita tidak mampu menguasainya, dan kepada Allah-lah kita akan kembali."

BACA JUGA:   Doa Untuk Calon Jamaah Haji

Itulah beberapa doa yang bisa dibaca oleh jamaah saat melaksanakan ibadah haji. Semoga doa-doa tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah jamaah dan menjadikan haji yang dilakukan sebagai haji yang mabrur.