Skip to content
Home » Do’a Haji Mabrur dan Artinya

Do’a Haji Mabrur dan Artinya

Do’a Haji Mabrur dan Artinya

Haji mabrur adalah kegiatan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali dan dianggap sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu melaksanakannya. Dalam ibadah haji, umat muslim harus menjalankan serangkaian prosesi untuk meraih haji mabrur. Salah satunya adalah dengan berdoa haji mabrur.

Pengertian Do’a Haji Mabrur

Doa haji mabrur adalah doa yang dibaca oleh jamaah haji atau orang yang sedang menunaikan ibadah umrah. Doa ini bertujuan untuk memohon ampunan dan keselamatan dari Allah SWT. Sehingga, haji yang dilakukan bisa diterima oleh Allah SWT dengan penuh keridhaan dan berbuah haji mabrur. Doa ini juga bisa dibaca oleh orang yang tidak melaksanakan haji sebagai amalan kebaikan.

Arti Do’a Haji Mabrur

Doa haji mabrur memiliki arti yang sangat penting bagi umat muslim. Artinya adalah sebagai berikut:

  1. Permohonan ampunan atas dosa yang telah dilakukan selama hidup. Dengan berdoa haji mabrur, diharapkan Allah SWT akan melindungi dan memaafkan kita atas segala kesalahan yang telah dilakukan selama hidup.

  2. Permohonan diberi kemudahan untuk melangsungkan ibadah haji. Dalam doa haji mabrur, kita memohon agar Allah memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji.

  3. Permohonan menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. Dalam doa haji mabrur, kita memohon agar Allah SWT menjaga kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji.

  4. Permohonan agar amal ibadah diampuni oleh Allah SWT. Dalam doa haji mabrur, kita memohon agar segala amalan baik yang telah dilakukan diampuni oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Foto Tempat-tempat Pelaksanaan Ibadah Haji

Kegunaan Doa Haji Mabrur

Doa haji mabrur merupakan doa yang sangat bermanfaat bagi umat muslim. Kegunaannya antara lain sebagai berikut:

  1. Memperbaiki diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

  2. Memohon ampunan dan ridha dari Allah SWT.

  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membuka hijab antara hamba dan Tuhannya.

  4. Membuka cahaya hati dan memperoleh spiritualitas untuk menghadapi kehidupan di dunia yang penuh dengan ujian dan godaan.

Do’a Haji Mabrur dalam Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah doa haji mabrur yang bisa dibaca dalam bahasa Indonesia:

"أَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اَللهُمَّ عَافِنَا فِى دِينِنَا وَدُنْيَانَا وَكَفِّنَا شَرَّ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، وَأَسْأَلُكَ حُسْنَ الْخَاتِمَةِ، وَالْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَأَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَأَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ مِنْ كُلِّ بَلِيَّةٍ وَمَأَسًا فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ".

Kesimpulan

Doa haji mabrur adalah salah satu doa yang sangat penting bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji atau umrah. Doa ini mempunyai arti yang sangat penting dalam meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berdoa haji mabrur, kita memohon ampunan atas dosa yang telah dilakukan selama hidup, permohonan untuk diberi kemudahan dalam melangsungkan ibadah haji, permohonan untuk menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, permohonan agar amal ibadah diampuni oleh Allah SWT. Mari amalkan doa ini dengan ikhlas dan benar, dan semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan memberikan kita keberkahan dalam hidup.