Skip to content
Home » Mengapa Zakat Hanya Diwajibkan Bagi Orang Islam

Mengapa Zakat Hanya Diwajibkan Bagi Orang Islam

Mengapa Zakat Hanya Diwajibkan Bagi Orang Islam

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk membayarnya. Namun, mengapa zakat hanya diwajibkan bagi orang islam? Apa sebabnya?

Hadis dan Al-Quran

Sebagai umat Islam, kita percaya bahwa hukum-hukum agama berasal dari Al-Quran dan Hadis Rasulullah SAW. Terkait dengan wajibnya membayar zakat, ditemukan beberapa ayat Al-Quran dan hadis yang mengaturnya. Salah satunya adalah dalam Surat Al-Baqarah ayat 177.

"Bukannya atas membelanjakan hartamu dengan munafik, dan tidak (pula) atas menyakiti (perasaan orang lain), dan bukan (pula) atas selalu menafkahkan (harta), sedang kamu ingin (memperoleh) pahala dari Allah, dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya"

Dalam hadis, Rasulullah SAW juga pernah bersabda,

"Barangsiapa yang memeluk agama Islam, ia akan diwajibkan melakukan 5 perkara: mengucapkan syahadat, menunaikan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan ibadah haji jika mampu."

Zakat sebagai Ibadah

Zakat bukanlah sekedar kewajiban sosial atau moral semata. Zakat adalah salah satu rukun Islam yang penting dan termasuk ke dalam golongan ibadah. Ibadah adalah aktivitas yang dilakukan karena tunduk dan patuh kepada Allah SWT semata. Kewajiban membayar zakat sekaligus memperkuat rasa ketaatan kepada Allah.

Sebuah ibadah diterima dan dianggap berguna oleh Allah hanya apabila sesuai dengan tuntunan dan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam Al-Quran dan Hadis. Karena itu, hanya umat Islam yang diwajibkan untuk membayar zakat.

Fungsi Zakat

Selain menjadi rukun Islam, zakat juga memiliki beberapa fungsi yang dapat membantu masyarakat secara umum. Fungsi pertama yaitu sebagai bentuk perbaikan kesejahteraan sosial masyarakat. Zakat akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dalam Islam.

BACA JUGA:   Yang Menerima Zakat Disebut? Ini Dia Penjelasannya Yang Lengkap

Fungsi lain dari zakat adalah membantu para muslim yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti makanan, pakaian, dan sandang. Dengan membayar zakat, umat Islam juga dapat berkontribusi dalam memperbaiki kualitas hidup sesama muslim.

Kesimpulan

Membayar zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan. Zakat adalah salah satu rukun Islam dan juga merupakan bentuk ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Zakat memiliki fungsi yang penting dalam membantu memperbaiki kesejahteraan sosial dari sesama muslim. Karena itu, hanya umat Islam yang diwajibkan untuk membayar zakat.