Skip to content
Home » Tuliskan Bacaan Talbiyah dalam Ibadah Haji dan Umrah

Tuliskan Bacaan Talbiyah dalam Ibadah Haji dan Umrah

Tuliskan Bacaan Talbiyah dalam Ibadah Haji dan Umrah

Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Baik haji maupun umrah memiliki banyak bacaan yang harus diucapkan oleh jamaah saat melaksanakan ibadah tersebut. Salah satu bacaan penting dalam ibadah haji dan umrah adalah talbiyah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tuliskan bacaan talbiyah dalam ibadah haji dan umrah.

Apa itu Talbiyah?

Talbiyah adalah bacaan yang wajib diucapkan oleh jamaah saat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Bacaan ini merupakan tanda bahwa seseorang telah memasuki ihram dan siap untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Talbiyah juga merupakan doa yang ditujukan kepada Allah SWT, yang mengandung pengakuan bahwa hanya Allah saja yang berhak disembah dan dipuja.

Bacaan Talbiyah dalam Ibadah Haji

Talbiyah dalam ibadah haji memiliki dua bentuk. Pertama, talbiyah yang harus diucapkan saat memasuki miqat atau batas perjalanan menuju Mekah. Kedua, talbiyah yang harus diulang-ulang saat membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di Masjidil Haram.

Bacaan Talbiyah saat memasuki miqat yaitu:

Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk, laa syariika lak.

Artinya:

"Aku menjawab panggilan-Mu, ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu. Aku menjawab panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Bacaan Talbiyah saat membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di Masjidil Haram yaitu:

Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala aali Muhammadin kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, Innaka hamiidum majiid, Allahumma barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala aali Muhammadin, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, Innaka hamiidum majiid.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga Nabi Muhammad SAW sebagaimana Engkau melimpahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Sungguh Engkau Maha Pujian lagi Maha Mulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga Nabi Muhammad SAW sebagaimana Engkau memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Sungguh Engkau Maha Pujian lagi Maha Mulia."

Bacaan Talbiyah dalam Ibadah Umrah

Sama dengan ibadah haji, dalam ibadah umrah juga terdapat dua bentuk bacaan talbiyah. Pertama, talbiyah saat memasukkan diri ke dalam ihram di miqat. Kedua, talbiyah yang harus diucapkan saat melewati beberapa titik tertentu ketika melakukan thawaf.

BACA JUGA:   Balasan Ibadah Haji: Sebuah Perjalanan Spiritual yang Membawa Keberkahan

Bacaan Talbiyah saat memasukkan diri ke dalam ihram di miqat yaitu:

Labbaikallahumma labbaik. Labbaika la syarika laka labbaik. Innal hamda wan-ni’mata laka wal mulk. La syarika laka.

Artinya:

"Aku menjawab panggilan-Mu, Ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu. Aku menjawab panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kerajaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Bacaan Talbiyah saat melewati beberapa titik tertentu ketika melakukan thawaf yaitu:

Subhaanallaah wal hamdu lillaah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘aziim.

Artinya:

"Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Itulah tuliskan bacaan talbiyah dalam ibadah haji dan umrah yang wajib diketahui oleh jamaah yang akan melaksanakan ibadah tersebut. Semoga dengan mengetahui bacaan talbiyah ini, kita bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan baik dan benar serta mendapatkan ampunan dari Allah SWT.