Skip to content
Home » Berapa Nomilan untuk Membayar Zakat

Berapa Nomilan untuk Membayar Zakat

Berapa Nomilan untuk Membayar Zakat

Zakat adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Zakat harus dikeluarkan dari harta yang telah mencapai nisab dan telah dipenuhi syarat-syarat tertentu. Pada umumnya, zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki. Namun, berapa nomilan yang harus dibayar untuk zakat?

Nisab Zakat

Sebelum membahas berapa nomilan yang harus dibayar untuk zakat, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang nisab zakat. Nisab zakat adalah batas minimal harta yang harus dimiliki oleh seseorang sehingga wajib untuk membayar zakat. Nisab zakat ditentukan berdasarkan harga 85 gram emas murni.

Berapa Nomilan untuk Membayar Zakat?

Berdasarkan nisab zakat yang telah ditetapkan, jumlah harta yang dimiliki seseorang harus melebihi nisab tersebut agar wajib untuk membayar zakat. Saat ini, nisab zakat adalah sebesar 85 gram emas murni atau setara dengan 595 ribu rupiah.

Jika harta seseorang telah mencapai nisab zakat tersebut, maka jumlah zakat yang harus dibayar adalah sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki total harta sebesar 100 juta rupiah, maka jumlah zakat yang harus dibayar adalah sebesar 2,5 juta rupiah.

Kapan Wajib Membayar Zakat?

Setelah mengetahui berapa nomilan untuk membayar zakat, kita juga harus mengetahui kapan wajib untuk membayar zakat. Zakat harta harus dibayar setelah mencapai satu tahun hijriah atau setelah harta mencapai nisab. Jika dalam satu tahun hijriah harta seseorang tidak mencapai nisab, maka dia tidak wajib untuk membayar zakat pada tahun tersebut.

Kesimpulan

Membayar zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim yang memiliki harta yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Berapa nomilan yang harus dibayar untuk zakat adalah sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki setelah mencapai nisab zakat. Nisab zakat saat ini adalah sebesar 85 gram emas murni atau setara dengan 595 ribu rupiah. Zakat harta harus dibayar setelah mencapai satu tahun hijriah atau setelah harta mencapai nisab. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita tentang zakat.

BACA JUGA:   Apa Yang Dimaksud Haul Berkaitan dengan Zakat?