Skip to content
Home » Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Harta?

Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Harta?

Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Harta?

Zakat harta adalah kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki kelebihan harta pada tahun tertentu. Zakat harta harus dikeluarkan untuk membantu kaum fakir miskin dan mereka yang membutuhkan.

Namun, siapa saja yang berhak menerima zakat harta? Di dalam ajaran Islam, ada delapan golongan yang berhak menerima zakat harta. Siapa saja mereka?

1. Fakir Miskin

Fakir miskin adalah orang yang tidak memiliki harta benda yang cukup untuk dikonsumsi selama setahun penuh. Mereka berhak menerima zakat harta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Miskin

Miskin adalah orang yang memiliki harta benda, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama setahun penuh. Mereka juga berhak menerima zakat harta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Amil

Amil adalah orang yang memiliki tugas untuk mengumpulkan zakat harta dari orang yang membayar zakat dan mendistribusikannya kepada mereka yang berhak menerima zakat.

4. Muallaf

Muallaf adalah orang yang baru saja masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk memperkuat keyakinannya. Mereka dapat menerima zakat harta untuk membantu kebutuhan hidupnya.

5. Riqab

Riqab adalah budak yang ingin memerdekakan dirinya dari tuannya. Zakat harta dapat digunakan untuk memerdekakan budak tersebut.

6. Gharimin

Gharimin adalah orang yang memiliki hutang yang harus dibayar, tetapi tidak mampu membayarnya. Zakat harta dapat digunakan untuk membantu membayar hutang mereka.

7. Fisabilillah

Fisabilillah adalah orang-orang yang berjuang di jalan Allah, misalnya para mujahidin. Zakat harta dapat digunakan untuk membantu mereka yang berjuang di jalan Allah.

8. Ibnu Sabil

Ibnu sabil adalah orang yang sedang dalam perjalanan jauh, dan kehabisan harta selama masa perjalanan tersebut. Zakat harta dapat digunakan untuk membantu mereka yang dalam perjalanan jauh.

BACA JUGA:   Kapan Datangnya Zakat

Berdasarkan delapan golongan yang berhak menerima zakat harta tersebut, kita dapat mengetahui bahwa zakat harta sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan membayar zakat harta, kita dapat membantu mereka yang berada dalam kesulitan dan memenuhi kewajiban kita sebagai seorang muslim.

Oleh karena itu, marilah kita selalu ingat untuk membayar zakat harta dan mendistribusikannya kepada mereka yang berhak menerimanya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita keberkahan dalam hidup kita.