Skip to content
Home » Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umrah

Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umrah

Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umrah

Beribadah ke Tanah Suci menjadi cita-cita banyak umat Muslim di seluruh dunia. Haji dan Umrah memang merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selama menjalankan ibadah Haji dan Umrah, terdapat doa dan zikir yang harus diucapkan oleh jamaah. Doa dan zikir tersebut tidak hanya memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati, tetapi juga memberikan keberkahan dan pengampunan dosa.

Doa-doa Manasik Haji dan Umrah

Berikut ini adalah beberapa doa yang sebaiknya dihafalkan oleh jamaah Haji dan Umrah:

Doa Ihram

Doa Ihram dilakukan ketika seseorang berniat untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umrah. Berikut doa Ihram yang harus diucapkan:

"Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innalhamda wan-ni’mata laka wal-mulk, laa syariika lak."

Artinya:

"Saya datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, saya datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, ni’mat dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu."

Doa Talbiyah

Doa Talbiyah diucapkan ketika seseorang sudah masuk dalam ihram dan mendekati Tanah Suci. Berikut doa Talbiyah yang harus diucapkan:

"Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innalhamda wan-ni’mata laka wal-mulk, laa syariika lak."

Artinya:

"Saya datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, saya datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, ni’mat dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu."

Doa Tawaf

Doa Tawaf dilakukan ketika seseorang mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Berikut doa Tawaf yang harus diucapkan:

"Bismillahi Allahumma salli ‘ala Muhammad, Allahumma ighfirli zunubi wawassi’li fi dzurriyati."

Artinya:

"Dengan Nama Allah, Ya Allah limpahkanlah rahmat ke atas Nabi Muhammad. Ya Allah ampunilah seluruh dosa-dosa saya dan luaskanlah rezeki saya dan keturunan saya."

Doa Sa’i

Doa Sa’i dilakukan ketika seseorang berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Berikut doa Sa’i yang harus diucapkan:

"Rabbighfir wa raham wa tub ‘alaina innaka antal at-tawwaabur-rahiim."

Artinya:

"Ya Tuhanku, berilah keampunan dan kasih sayang-Mu dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

Doa Wukuf di Arafah

Doa Wukuf di Arafah dilakukan ketika jamaah berada di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Berikut doa Wukuf di Arafah yang harus diucapkan:

"Sesungguhnya aku telah sampai padamu wahai Robbku, aku sampai kejengkalanku di hadapanmu dalam keadaan menemui-Mu dengan hati yang penuh kerendahan dan kehambaan serta memohon keselamatan dan ampunan-Mu."

Doa Tawaf Wada

Doa Tawaf Wada dilakukan ketika jamaah akan meninggalkan Tanah Suci setelah menyelesaikan ibadah Haji atau Umrah. Berikut doa Tawaf Wada yang harus diucapkan:

"Allahumma inni as-aluka min fadhlika wa rahmatika, fainnahu laa yamlikuhunya illa anta."

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari segala limpahan karunia dan rahmat-Mu, karena tidak ada yang memiliki karunia itu selain Engkau."

Zikir Manasik Haji dan Umrah

Selain doa, zikir juga sangat diutamakan ketika menjalankan ibadah Haji dan Umrah. Berikut zikir yang sebaiknya diucapkan oleh jamaah:

BACA JUGA:   Doa Haji Beserta Latinnya

Zikir Takbir

Zikir Takbir diucapkan ketika jamaah memasuki Tanah Suci dan selesai melakukan shalat lima waktu. Berikut zikir Takbir yang harus diucapkan:

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa ilaaha illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillaahil hamd."

Artinya:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah."

Zikir Tahlil

Zikir Tahlil diucapkan ketika jamaah berjalan di antara Safa dan Marwah. Berikut zikir Tahlil yang harus diucapkan:

"Laa ilaaha illa Allah."

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah."

Zikir Tasbih

Zikir Tasbih diucapkan ketika jamaah berada di Mina dan Mecca dalam rangkaian ibadah Haji. Berikut zikir Tasbih yang harus diucapkan:

"Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar."

Artinya:

"Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, Allah Maha Besar."

Kesimpulan

Doa dan zikir manasik Haji dan Umrah merupakan bagian penting dalam menjalankan ibadah Haji dan Umrah. Dengan mengucapkan doa dan zikir yang sudah ditentukan tersebut, diharapkan jamaah mendapatkan ketenangan hati dan keberkahan dalam segala hal. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah. Aamiin.