Skip to content
Home » Doa Talbiyah Haji: Tata Cara dan Makna di Baliknya

Doa Talbiyah Haji: Tata Cara dan Makna di Baliknya

Doa Talbiyah Haji: Tata Cara dan Makna di Baliknya

Doa Talbiyah Haji adalah doa yang selalu diucapkan oleh jamaah haji saat menunaikan ibadah haji. Dalam doa ini, jamaah haji memuji dan menyatakan kesetiaannya kepada Allah SWT. Doa ini mempunyai makna yang mendalam dan bisa menjadi renungan bagi umat Muslim.

Tata Cara Membaca Doa Talbiyah Haji

Sebelum membahas makna dari doa talbiyah haji, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tata cara membacanya. Doa ini biasanya dibaca oleh para jamaah haji saat memasuki miqat atau batas-batas tempat yang dilarang untuk melepas pakaian ihram.

Berikut ini adalah teks terjemahan doa talbiyah haji beserta latinnya:

Labbaik Allahuma labbaik, labbaika laa syarikalaka labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulka laa syarikalak.

Artinya:

"Aku hadir Ya Allah, aku hadir. Sesungguhnya aku hadir. Tiada sekutu bagi-Mu, aku hadir. Sungguh, segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu, aku hadir."

Makna dari Doa Talbiyah Haji

Doa Talbiyah Haji mempunyai makna yang sangat mendalam bagi umat Muslim. Pertama-tama, doa ini mengajarkan kita untuk selalu merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Dalam doa ini, kita menyatakan kesetiaan dan kebesaran Allah SWT dan mengakui bahwa kita hanyalah hamba-Nya yang lemah.

Kedua, doa talbiyah haji juga mengajarkan kita tentang tawaf, yang merupakan salah satu rukun haji. Dalam doa ini, kita meminta izin kepada Allah untuk melakukan tawaf di Baitullah. Dalam tawaf, kita mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT.

Ketiga, doa ini juga mengajarkan kita bahwa seluruh kekuasaan dan kerajaan hanya milik Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya berusaha untuk menggunakan dan memanfaatkan apa yang telah diberikan Allah SWT dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan ajaran-Nya.

BACA JUGA:   Doa Huruf Latin Sepulang Haji

Kesimpulan

Doa Talbiyah Haji adalah salah satu doa yang sangat penting dalam ibadah haji. Melalui doa ini, kita dapat belajar untuk merendahkan diri di hadapan Allah SWT, mempelajari tentang makna tawaf, dan mengakui bahwa segala kekuasaan dan kerajaan hanya milik Allah SWT. Semoga kita semua dapat selalu memperbaharui semangat kita dalam beribadah dan mendapat ridha dari-Nya.