Skip to content
Home » Cara Melakukan Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Cara Melakukan Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Cara Melakukan Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Apakah Anda ingin melakukan zakat fitrah untuk anak perempuan? Tidak perlu bingung, berikut adalah panduan lengkapnya.

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim setelah Ramadan, yaitu pada bulan Syawal. Zakat fitrah ditujukan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari. Zakat fitrah terdiri dari bahan makanan pokok seperti beras, jagung, dan lain sebagainya.

Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Zakat fitrah untuk anak perempuan memiliki aturan yang tidak berbeda dengan zakat fitrah untuk anak laki-laki. Dalam hal ini, apapun jenis kelamin anak yang menerima zakat fitrah, pemberi zakat hanya perlu memberikan zakat fitrah sesuai dengan ketentuan.

Tentunya, Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam melakukan zakat fitrah untuk anak perempuan.

Ketentuan Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Tersedia Makanan Pokok

Bagi anak perempuan yang masih dalam usia yang belum merdeka, zakat fitrah bisa diserahkan oleh wali atau yang mewakilinya dalam bentuk bahan makanan pokok yang umum dikonsumsi di masyarakat setempat. Sementara bagi anak perempuan yang sudah merdeka, dapat menyalurkan zakat fitrah tersebut secara langsung kepada mustahik.

Merdeka dan Tidak Merdeka

Anak perempuan yang dianggap sudah merdeka, yakni anak perempuan yang sudah berusia 13 tahun atau sudah haidh, wajib mengeluarkan zakat fitrah. Sedangkan bagi anak perempuan yang masih dianggap belum merdeka, zakat fitrah dikeluarkan oleh orang tua atau walinya.

Jumlah Zakat Fitrah

Jumlah zakat fitrah per orang ditetapkan sebesar 3,5 liter bahan makanan pokok yang umum dikonsumsi di masyarakat setempat, seperti beras, jagung, gandum, dan sejenisnya. Jika dihitung dalam bentuk uang, maka zakat fitrah di Indonesia dan sebagian besar negara Muslim dihitung sebesar nilai 1,5 kg beras atau setara dengan uang sebesar Rp 28.000,-.

BACA JUGA:   Ada Berapa Golongan yang Berhak Menerima Zakat?

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara melakukan zakat fitrah untuk anak perempuan. Ini adalah bentuk kepedulian kita sebagai muslim untuk membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu, pelaksanaan zakat fitrah di Indonesia juga merupakan hal yang penting bagi masyarakat kita. Oleh karena itu, marilah kita semua mengeluarkan zakat fitrah dengan baik. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit pencerahan bagi kita.