Skip to content
Home » Apa Yang Dimaksud Mengeluarkan Zakat Profesi dengan Cara Ta’jil

Apa Yang Dimaksud Mengeluarkan Zakat Profesi dengan Cara Ta’jil

Apa Yang Dimaksud Mengeluarkan Zakat Profesi dengan Cara Ta’jil

Pengertian Zakat Profesi

Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan berdasarkan penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan atau profesi tertentu. Kewajiban membayar zakat profesi tidak berbeda jauh dengan zakat pada umumnya, yaitu sejumlah harta yang harus dikeluarkan setiap tahun.

Mengapa penting membayar zakat profesi? Dalam Islam, zakat adalah salah satu rukun Islam yang memiliki peran penting dalam menjaga keharmonisan sosial dan kesejahteraan umat. Dalam surat Al-Baqarah ayat 43, Allah SWT berfirman, "Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’."

Dari ayat ini, dapat kita ketahui bahwa zakat adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu untuk membayarnya. Salah satu bentuk zakat yang harus dibayarkan oleh setiap muslim adalah zakat profesi.

Cara Ta’jil dalam Mengeluarkan Zakat Profesi

Cara ta’jil yang dimaksud dalam mengeluarkan zakat profesi adalah membayar zakat dengan cara yang lebih cepat atau biasa disebut dengan istilah "maju ta’jil". Dengan membayar zakat secara ta’jil, artinya kita membayar zakat terlebih dahulu sebelum jatuh tempo atau sebelum waktunya tiba.

Mengapa penting untuk mengeluarkan zakat profesi dengan cara ta’jil? Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh, di antaranya:

  1. Lebih cepat membantu fakir miskin yang membutuhkan
  2. Membiasakan diri untuk selalu taat pada kewajiban membayar zakat
  3. Lebih cepat membersihkan harta dari sifat serakah dan kedzaliman

Untuk mengeluarkan zakat profesi dengan cara ta’jil, caranya sangat mudah. Pertama, tentukan dahulu berapa persen dari penghasilan yang harus dikeluarkan untuk zakat. Biasanya, zakat profesi adalah 2,5% dari penghasilan setiap bulannya.

Kedua, hitung jumlah zakat yang harus dibayarkan selama setahun, kemudian dibagi menjadi 12 bulan. Dengan cara ini, kita sudah mengetahui jumlah zakat yang harus dibayarkan setiap bulannya.

BACA JUGA:   Kapan Zakat Mulai Diwajibkan?

Ketiga, bayarlah zakat setiap bulannya secara ta’jil atau lebih cepat. Dengan cara ini, kita telah memenuhi kewajiban membersihkan harta kita dari sifat serakah dan kedzaliman, sekaligus membantu orang fakir miskin yang membutuhkan.

Kesimpulan

Mengeluarkan zakat profesi dengan cara ta’jil adalah suatu cara untuk membayar zakat lebih cepat dari jatuh tempo. Dengan cara ini, kita bisa membantu orang fakir miskin yang membutuhkan, membiasakan diri untuk selalu taat pada kewajiban membayar zakat, serta membersihkan harta dari sifat serakah dan kedzaliman.

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu memenuhi kewajiban membayar zakat, termasuk zakat profesi. Jangan ragu untuk mengeluarkan zakat profesi dengan cara ta’jil, karena dengan cara ini kita telah memenuhi kewajiban lebih cepat dan membantu orang yang membutuhkan.