Skip to content
Home » Doa Penerimaan Zakat Infaq

Doa Penerimaan Zakat Infaq

Doa Penerimaan Zakat Infaq

Doa penerimaan zakat infaq adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon agar amalan yang kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Zakat dan infaq merupakan dua amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan kedua amalan ini mempunyai kaitan yang erat.

Zakat sendiri adalah amalan berupa pemberian sebagian harta kepada orang yang membutuhkan dengan tujuan untuk membersihkan harta dan menghilangkan sifat kikir. Sedangkan infaq hampir serupa dengan zakat, namun yang membedakan antara keduanya adalah dalam infaq terkadang tidak diatur sebanyak zakat dan tidak ada syarat bagi yang menerima.

Mengerjakan zakat dan infaq merupakan suatu bentuk pengabdian kepada Allah SWT serta memberikan manfaat untuk sesama. Selain memberikan manfaat bagi orang lain, amalan zakat dan infaq juga memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri. Diantaranya adalah :

  1. Membersihkan harta dari sifat kikir
  2. Menjaga kesucian harta
  3. Mendapatkan pahala dari Allah SWT
  4. Membantu sesama yang membutuhkan
  5. Mendapatkan keberkahan dalam hidup

Berikut adalah doa penerimaan zakat infaq :

"Allahummaqsim lanaa min khashyatiqa maa yahullu bainanaa wa baina masaa’ibidunya wa maa yudhahhiru minhoo wa batinahaa wa taqabbal minnal-lahu minnaa maa razaqtaanaa wa anta khayrul-waahibin"

Artinya : "Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami rasa takut kepada-Mu yang bisa memisahkan antara kami dengan berbagai musibah di dunia ini, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Dan terimalah dari kami infaq dan zakat yang kami infakkan, karena Engkau adalah sebaik-baik Pemberi Karunia".

Keutamaan Mengerjakan Zakat dan Infaq

Mengerjakan zakat dan infaq merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Keutamaan mengerjakan zakat dan infaq antara lain :

  1. Mendapatkan pertolongan dari Allah SWT
  2. Mendapatkan rizki yang halal
  3. Dimudahkan segala urusan kehidupan
  4. Mendapatkan ridha Allah SWT
  5. Mendapat ridha dari orang yang menerima zakat atau infaq
BACA JUGA:   Apa Boleh Zakat Fitrah Dibayar dengan Uang Istri?

Kesimpulan

Zakat dan infaq merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan mengerjakan zakat dan infaq, kita dapat membersihkan harta dari sifat kikir dan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Melalui doa penerimaan zakat infaq, kita bisa memohon agar Allah SWT menerima amalan yang kita lakukan. Semoga kita selalu termotivasi untuk terus melakukan zakat dan infaq, serta selalu dibimbing oleh Allah SWT.