Skip to content
Home » Doa Hendak Haji: Mempersembahkan Doa Terbaik Untuk Calon Jamaah Haji

Doa Hendak Haji: Mempersembahkan Doa Terbaik Untuk Calon Jamaah Haji

Doa Hendak Haji: Mempersembahkan Doa Terbaik Untuk Calon Jamaah Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang sudah mampu secara finansial dan fisik. Tidak heran jika keinginan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini begitu besar di kalangan umat muslim di seluruh dunia. Namun, sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekah, calon jamaah haji dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan mempersiapkan diri lahir dan batin. Salah satu hal yang patut dilakukan adalah membaca doa hendak haji.

Doa hendak haji merupakan doa yang dipanjatkan oleh calon jamaah haji sebelum berangkat menuju Tanah Suci Mekah. Doa ini diucapkan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan selama menunaikan ibadah haji. Berikut adalah doa hendak haji yang bisa dijadikan acuan oleh calon jamaah haji:

Doa Sebelum Berangkat Haji

"Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syarika lak."

Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kenikmatan, dan kerajaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Doa Naik Kendaraan

“Subhaana lladzi sakhkhara lana hadza, wa maa kunna lahu muqriniin, wa inna ila rabbina lamunqalibuun.”

Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan kepada tuhan-lah kami kembali.

BACA JUGA:   Setelah Niat Haji Disunahkan Berdoa dan Membaca

Doa Melihat Kabah Pertama Kali

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Ashhadu alla ilaaha illallah, ashhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaaha illallah wallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd."

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah.

Doa Saat Bertemu dengan Hajar Aswad

" Bismillahi Allahu Akbar."

Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar.

Doa Saat Melakukan Sai

“Bismillah Allahu Akbar, Allahumma mani’a asy-syaithan wa man syaitanah, wa bismillah.”

Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah hindarkan aku dari setan dan godaan setan. Dalam nama Allah.

Doa Saat Berjalan Menuju Bukit Marwa

"Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syarika lak."

Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kenikmatan, dan kerajaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Doa Setelah Selesai Shalat di Masjid Nabawi

"Allahumma solli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa sholayta ‘ala Ibraahiim wa ‘ala aali Ibraahiim, innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibraahiim wa ‘ala aali Ibraahiim, innaka hamiidum majiid."

Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana limpahan shalawat-Mu kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Mahapuji dan Mahamulia. Ya Allah, berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkahi Nabi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Mahapuji dan Mahamulia.

BACA JUGA:   Contoh Spanduk Mohon Doa Restu Jemaah Haji

Doa Saat Berangkat Menuju Tanah Air

"Bismillah, tawakkaltu ‘alallahi wa laa haula wa laa quwwata illa billah."

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah SWT.

Doa hendak haji di atas bisa dibaca sebelum dan selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Perbanyaklah membaca doa ini sebagai permohonan dan bentuk pengharapanmu kepada Allah agar semua proses ibadah haji yang kamu lakukan berjalan lancar dan penuh keselamatan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses ibadah haji yang kamu lakukan. Amin.