Skip to content
Home » Kapan Harta Wajib Dizakati?

Kapan Harta Wajib Dizakati?

Kapan Harta Wajib Dizakati?

Harta zakat adalah harta yang harus dikeluarkan oleh setiap Muslim yang memiliki harta melebihi nisabnya. Nisab adalah jumlah harta yang harus dimiliki sebelum seseorang wajib memberikan zakat. Nisab zakat harta tergantung pada jenis harta yang dimiliki.

Nisab Zakat Emas

Nisab zakat emas adalah 85 gram. Artinya, jika seseorang memiliki harta emas seberat 85 gram atau lebih, maka dia harus memberikan zakat. Jika seseorang memiliki emas kurang dari itu, maka dia tidak wajib memberikan zakat.

Nisab Zakat Perak

Nisab zakat perak adalah 595 gram. Artinya, jika seseorang memiliki harta perak seberat 595 gram atau lebih, maka dia harus memberikan zakat. Jika seseorang memiliki perak kurang dari itu, maka dia tidak wajib memberikan zakat.

Nisab Zakat Uang

Nisab zakat uang tergantung pada nilai mata uang yang digunakan di negara tersebut. Di Indonesia, nisab zakat uang adalah sebesar Rp 7.541.000. Artinya, jika seseorang memiliki uang sebesar atau lebih dari Rp 7.541.000, maka dia harus memberikan zakat. Jika seseorang memiliki uang kurang dari itu, maka dia tidak wajib memberikan zakat.

Kapan Waktu untuk Memberikan Zakat?

Waktu untuk memberikan zakat harta adalah setahun sekali, yaitu pada bulan Ramadan atau bisa juga pada saat akan mendekati Idul Fitri. Waktu untuk memberikan zakat harus dilakukan sebelum Idul Fitri tiba.

Contoh Perhitungan Zakat Harta

Misalnya seseorang memiliki harta emas seberat 100 gram, harga emas saat ini adalah sebesar Rp 1.000.000 per gram, maka total harta emas yang dimiliki adalah sebesar Rp 100.000.000. Dengan begitu, seseorang tersebut harus memberikan zakat sebesar 2,5% dari Rp 100.000.000 atau sebesar Rp 2.500.000.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan dan Persamaan Zakat, Infak, Wakaf, dan Sedekah?

Pentingnya Memberikan Zakat

Memberikan zakat adalah kewajiban setiap Muslim yang mampu. Zakat adalah bentuk ibadah dan sedekah yang sangat dianjurkan oleh Islam. Dengan memberikan zakat, kita dapat membantu sesama yang membutuhkan dan meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain yang kurang beruntung.

Kesimpulan

Setiap Muslim yang memiliki harta melebihi nisabnya harus memberikan zakat. Nisab zakat tergantung pada jenis harta yang dimiliki, seperti emas, perak, dan uang. Waktu untuk memberikan zakat harta adalah setahun sekali, yaitu pada bulan Ramadan atau menjelang Idul Fitri. Melakukan perhitungan zakat dengan benar sangat penting agar zakat yang diberikan sesuai dengan ketentuan agama.