Skip to content
Home » Berapa Kilo Zakat Fitrah 2019?

Berapa Kilo Zakat Fitrah 2019?

Berapa Kilo Zakat Fitrah 2019?

Zakat fitrah atau biasa dikenal sebagai fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim sebagai tanda syukur atas nikmat kesehatan yang Allah berikan selama Ramadan. Zakat fitrah biasanya dikeluarkan pada akhir Ramadan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Banyak orang yang bingung mengenai berapa kilo zakat fitrah yang harus dikeluarkan pada tahun 2019. Pada dasarnya, besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang dikonsumsi di daerah setempat.

Besaran Zakat Fitrah

Jenis makanan pokok yang sering dijadikan patokan untuk menghitung zakat fitrah adalah beras. Besaran zakat fitrah yang disarankan adalah satu sha (sekitar 2,5 kilogram) beras atau gandum untuk setiap orang yang berpuasa, baik itu dewasa atau anak-anak. Namun, besaran ini bisa berbeda-beda tergantung daerahnya.

Ada beberapa daerah yang menetapkan besaran zakat fitrah yang lebih besar dari yang disarankan. Misalnya, di daerah yang beras atau gandum tidak menjadi makanan pokok, besaran zakat fitrah bisa lebih besar.

Tujuan Zakat Fitrah

Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa dari kesalahan dan kekhilafan selama Ramadan. Selain itu, membayar zakat fitrah juga dapat membantu orang yang kurang mampu dalam menjalankan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Zakat fitrah juga berguna untuk memaksimalkan silaturahmi antara sesama muslim. Dengan membayar zakat fitrah, kita menjadi bagian dari sebuah komunitas yang saling membantu dan mendukung.

Cara Membayar Zakat Fitrah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat fitrah, di antaranya adalah:

  1. Membayar langsung ke orang yang berhak menerima, seperti fakir miskin atau fakir masjid.
  2. Menyerahkan zakat fitrah ke lembaga zakat yang terpercaya.
  3. Membayar zakat fitrah melalui rekening bank khusus zakat fitrah yang disediakan oleh lembaga zakat.
BACA JUGA:   Berapa Rupiah Besaran Zakat Fitrah pada Ramadhan 1440 H

Namun, yang paling penting adalah membayar zakat fitrah sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Hal ini dimaksudkan agar orang yang menerima zakat fitrah bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut hari raya.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim pada akhir Ramadan. Besaran zakat fitrah yang disarankan adalah satu sha (sekitar 2,5 kilogram) beras atau gandum untuk setiap orang yang berpuasa, baik itu dewasa atau anak-anak.

Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa dari kesalahan dan kekhilafan selama Ramadan, membantu orang yang kurang mampu dalam menjalankan perayaan Hari Raya Idul Fitri, serta memaksimalkan silaturahmi antara sesama muslim. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat fitrah, paling penting adalah membayarnya sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.