Skip to content
Home » Bagaimana Tata Cara Penyaluran Zakat Fitrah

Bagaimana Tata Cara Penyaluran Zakat Fitrah

Bagaimana Tata Cara Penyaluran Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah salah satu jenis zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu. Zakat fitrah wajib diberikan pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Penyaluran zakat fitrah sangat penting karena memiliki tujuan untuk membersihkan harta dan diri dari sifat serakah serta membantu masyarakat yang membutuhkan.

Apa itu zakat fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada akhir bulan Ramadhan atau pada saat Idul Fitri sebesar kurang lebih sepenuh gelas atau beras. Zakat fitrah termasuk jenis zakat yang sangat dianjurkan, karena berasal dari kata fitrah yang artinya adalah fitrah manusia yaitu kemampuan untuk memahami yang benar, memilih yang baik dan meninggalkan yang buruk.

Siapa yang wajib membayar zakat fitrah?

Setiap muslim yang mampu, baik itu berupa harta, beras, ataupun uang, wajib membayar zakat fitrah. Zakat fitrah dibayarkan untuk diri sendiri dan orang lain yang membutuhkan seperti fakir miskin, yatim piatu, duafa atau orang yang tidak mampu.

Berapa besaran zakat fitrah?

Besaran zakat fitrah secara umum adalah sebesar kurang lebih satu sha’ (3 liter) atau setara kurang lebih dengan 2,5 kg beras. Jumlah besaran zakat fitrah bisa berbeda-beda tergantung pada masing-masing daerah. Namun secara umum, zakat fitrah yang dibayarkan harus berupa makanan pokok seperti beras, jagung, kacang hijau, gandum, atau tepung.

Bagaimana cara mengeluarkan zakat fitrah?

Ada beberapa tata cara penyaluran zakat fitrah yang harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Menyerahkan zakat fitrah kepada organisasi yang ditunjuk oleh pemerintah setempat.
  2. Menyerahkan zakat fitrah langsung kepada orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, yatim piatu, duafa atau orang yang tidak mampu.
  3. Memasukkan zakat fitrah ke dalam kotak amal yang terdapat di masjid atau mushola terdekat.
BACA JUGA:   Berapa Zakat Fitrah Uang? Panduan Lengkap untuk Menunaikan Zakat Fitrah

Kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah?

Waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah pada bulan Ramadhan atau pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri dan sebelum shalat Idul Fitri. Tidak disarankan untuk menunggu hingga lewat waktu itu karena hal tersebut bisa menyebabkan keterlambatan dalam penyaluran zakat fitrah.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan harus dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu. Besaran zakat fitrah tergantung pada masing-masing daerah namun secara umum sebesar 3 liter atau setara kurang lebih dengan 2,5 kg beras. Ada beberapa tata cara penyaluran zakat fitrah yang harus diperhatikan dan harus dilakukan sebelum shalat Idul Fitri agar tidak mengalami keterlambatan dalam penyaluran zakat fitrah. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menjadi panduan bagi umat muslim dalam menyalurkan zakat fitrah.