Skip to content
Home » Siapa Yang Mengangkat Badan Amil Zakat?

Siapa Yang Mengangkat Badan Amil Zakat?

Siapa Yang Mengangkat Badan Amil Zakat?

Pendahuluan

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim. Zakat berfungsi sebagai upaya untuk membantu meringankan beban fakir miskin atau yang membutuhkan. Adapun badan yang ditunjuk sebagai pengumpul dan penyalur zakat adalah Badan Amil Zakat.

Namun, siapa sebenarnya yang berhak mengangkat badan Amil Zakat? Mari kita bahas lebih lanjut.

Siapa Yang Berhak Mengangkat Badan Amil Zakat?

Menurut hukum Islam, siapa saja yang memiliki harta yang melebihi kebutuhan pokok hidupnya dan telah mencapai nisab, maka ia wajib mengeluarkan zakat. Oleh karena itu, siapa saja yang memiliki harta dan memenuhi syarat tersebut adalah yang berhak mengangkat Badan Amil Zakat.

Tidak ada batasan umur, jenis kelamin, atau status sosial yang menjadi syarat untuk mengeluarkan zakat. Yang terpenting adalah memenuhi syarat kelebihan harta dan telah mencapai nisab.

Mengapa Mengangkat Badan Amil Zakat?

Badan Amil Zakat memiliki fungsi sebagai pengumpul dan penyalur zakat. Setiap jamaah yang mengeluarkan zakat dan memberikannya kepada Badan Amil Zakat akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Mengangkat Badan Amil Zakat juga membantu meringankan pemerintah dalam melaksanakan program-program kemanusiaan yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Bagaimana Cara Mengangkat Badan Amil Zakat?

Bagi yang ingin mengangkat Badan Amil Zakat, dapat dilakukan dengan cara langsung menghubungi Badan Amil Zakat terdekat atau melalui lembaga-lembaga keuangan tertentu yang telah bekerjasama dengan Badan Amil Zakat.

Dalam melakukan pengeluaran zakat, diperlukan perhitungan yang cermat agar zakat yang dikeluarkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ada beberapa jenis harta yang wajib dikeluarkan zakat dalam bentuk uang, seperti emas, perak, perhiasan, saham, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Berapa Persentase Zakat Mal yang Harus Dikeluarkan Menurut Agama Islam

Kesimpulan

Mengangkat Badan Amil Zakat adalah tindakan yang mulia dalam rangka membantu meringankan beban fakir miskin atau yang membutuhkan. Siapa saja yang memiliki harta dan memenuhi syarat kelebihan harta dan telah mencapai nisab, wajib mengeluarkan zakat. Dalam melakukan pengeluaran zakat, diperlukan perhitungan yang cermat agar zakat yang dikeluarkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, mari kita jadikan zakat sebagai salah satu amal ibadah yang rutin kita laksanakan dan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan rahmat-Nya kepada kita semua.