Skip to content
Home » 7 Doa Mau Naik Haji untuk Kelancaran dan Keberkahan Ibadah

7 Doa Mau Naik Haji untuk Kelancaran dan Keberkahan Ibadah

Haji adalah ibadah yang sangat diidamkan oleh setiap muslim di seluruh dunia. Kewajiban yang hanya dilaksanakan sekali seumur hidup ini merupakan bukti cinta seorang hamba kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Namun, ada beberapa doa yang sangat penting dan harus dihafalkan oleh setiap calon jamaah haji yang hendak melaksanakan rukun Islam yang kelima ini. Berikut ini adalah tujuh doa mau naik haji yang perlu Anda ketahui supaya ibadah Anda lancar dan mendapat keberkahan.

1. Doa Ketika Berada di Pesawat

"Subhanalladzi sakhkhara lana hadzha, wa ma kunna lahu muqriniin, wa inna ila rabbina lamunqalibuun." (QS Az-Zukhruf: 13-14).

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang menundukkan semua ini untuk kepentingan kami, padahal kami sebelum ini benar-benar tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Doa ketika berada di pesawat merupakan salah satu doa yang sangat penting bagi setiap calon jamaah haji. Dalam doa ini, kita memohon agar Allah menolong agar perjalanan kita selamat dan lancar hingga sampai ke tanah suci, serta memohon agar seluruh perjalanan dan segala sesuatunya dapat dipermudahkan oleh-Nya.

2. Doa Ketika Tiba di Mekah

"Allohumma antassalam, wa minkassalam, tabarokta yaa dzaljalali wal ikrom." Artinya: "Ya Allah, Engkaulah kesejahteraan, dan dari-Mu datangnya kesejahteraan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan keagungan dan kemuliaan."

Doa ini diucapkan ketika telah tiba di Mekah dan kita melaksanakan shalat sunnah dua rakaat. Dalam doa ini, kita memohon agar seluruh perjalanan dan ibadah kita diberkahi dan berjalan dengan lancar, serta agar kita menjadi hamba yang selalu mendapat rahmat dan ridha dari Allah SWT.

BACA JUGA:   Ringkasan Doa-doa Haji dan Umroh Rasulullah Darul Falah

3. Doa Mau Naik Haji untuk Diperkenankan Allah

"Allahumma inni uridu al-hajj fa yassirhu li wataqabbal-hu minni. Allahumma inni uridu al-hajj, fa yasirhu li wataqabbalhu minni." Artinya: "Ya Allah, aku ingin melaksanakan haji, mudahkanlah aku dalam melaksanakannya dan terimalah hajiku. Ya Allah, aku ingin melaksanakan haji, mudahkanlah aku dalam melaksanakannya dan terimalah hajiku."

Doa ini diucapkan setiap calon jamaah haji ketika telah tiba di miqat sebelum memakai pakaian ihram. Dalam doa ini, kita meminta kepada Allah agar ibadah kita diterima dan dipermudahkan oleh-Nya, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan sepenuh hati dan meraih keberkahan dalam menjalankannya.

4. Doa Ketika Berada di Tanah Arafah

"Laa ilaaha illallahu wahdahu la syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir, ‘ash-hadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lah. Wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh." Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, Dia mahakuasa atas segala sesuatu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhamad adalah hamba dan utusan-Nya."

Doa ini diucapkan setelah melakukan wukuf di Arafah. Dalam doa ini, kita memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan kita, serta memohon ridha Allah SWT atas segala amalan yang telah kita lakukan.

5. Doa Ketika Berada di Padang Arafah

"Rabbanaa atmim lanaa nuranaa waighfir lanaa innaka ‘ala kulli syai’in qadiir." (QS At-Tahrim: 8) Artinya: "Ya Allah, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah dosa kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

BACA JUGA:   Contoh Doa Yang Dititipkan Kepada Orang yang Berangkat Haji

Doa ini diucapkan oleh setiap calon jamaah haji ketika berada di Padang Arafah. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan cahaya dalam hidup kita dan memperbaiki segala kesalahan kita yang dilakukan selama hidup di dunia.

6. Doa Ketika Melontar Jumrah

"Bismillahi Allahu Akbar." Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar."

Doa ini diucapkan setiap calon jamaah haji ketika melontar Jumrah. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar segala amalan kita diterima pada hari akhir nanti.

7. Doa Ketika Tiba di Tanah Air

"Allahumma inna nas’aluka fi safarinaa haadzaalbarakah wa tawaffanaa ‘alaal-imaan." Artinya: "Ya Allah, kami memohon keberkahan dalam perjalanan ini dan memohon agar kami kembali ke negeri kami dalam keadaan iman yang sempurna."

Doa ini diucapkan setelah selesai melaksanakan haji dan tiba kembali di tanah air. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar segala amalan kita selama haji diterima dan diberkahi serta memohon agar seluruh perjalanan pulang menuju tanah air dilancarkan dan mendapat keberkahan.

Setiap doa mau naik haji yang diucapkan oleh setiap calon jamaah haji sangatlah penting dan membawa banyak keberkahan. Oleh karena itu, kita sebaiknya selalu mengamalkannya ketika sedang melaksanakan ibadah haji, sehingga ibadah kita menjadi semakin diberkahi dan mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT.