Skip to content
Home » Hadist Tanda Haji yang Mabrur

Hadist Tanda Haji yang Mabrur

Hadist Tanda Haji yang Mabrur

Haji merupakan salah satu amalan terbesar dalam agama Islam. Setiap muslim yang mampu wajib melaksanakan ibadah haji setidaknya satu kali seumur hidupnya. Namun, untuk meraih keberkahan haji, tidak hanya cukup dengan menunaikan rukun-rukun haji saja. Terdapat tanda-tanda haji yang mabrur yang harus diperhatikan oleh para jamaah agar hajinya diterima oleh Allah SWT.

Tanda Haji yang Mabrur

Berikut adalah hadist-hadist yang menjelaskan tentang tanda-tanda haji yang mabrur:

  1. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang telah melaksanakan haji dan tidak berkata-kata yang buruk, dan tidak melakukan kejahatan, maka dia akan kembali seperti pada hari kelahirannya". (HR. Bukhari, Muslim)

  2. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berhaji semata-mata untuk mencari wajah Allah, dan selama di tanah suci tidak berbicara atau berbuat menyakiti, maka dia akan kembali seperti hari ibunya melahirkan dia." (HR. Bukhari, Muslim)

  3. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya haji yang mabrur tidak ada balasan kecuali surga". (HR. Bukhari, Muslim)

Mengapa Penting Memperhatikan Tanda Haji yang Mabrur?

Mengapa penting bagi para jamaah untuk memperhatikan tanda-tanda haji yang mabrur? Karena hajilah ibadah yang sakral, suci dan memiliki keistimewaan tertentu di sisi Allah SWT. Oleh sebab itu, haji harus dilaksanakan dengan ikhlas, penuh keikhlasan dan tidak diikuti dengan tindakan negatif.

Seorang jamaah haji yang suci adalah jamaah haji yang menjaga segala ucapan, tindakan, serta perilakunya selama di tanah suci. Maka, dengan menjalankan haji yang mabrur, keberkahan dari Allah SWT akan dinyatakan kepadanya dengan memperoleh kesempurnaan iman dan keberkahan yang lainnya.

BACA JUGA:   Materi Ibadah Haji dan Umrah dalam Fiqih Sunnah Sayi Sabiq

Kesimpulan

Haji adalah ibadah wajib bagi setiap muslim. Namun, untuk meraih keberkahan dari haji tentunya tidak hanya cukup dengan menunaikan rukun-rukun haji saja. Terdapat tanda-tanda haji yang mabrur yang harus diperhatikan oleh para jamaah agar hajinya diterima oleh Allah SWT. Dengan memperhatikan tanda-tanda haji yang mabrur, niscaya haja Anda akan lebih bermakna dan dihargai di hadapan Allah SWT.

Subheading 1

  • Detail 1
  • Detail 2
  • Detail 3

Subheading 2

  • Detail 1
  • Detail 2
  • Detail 3

Subheading 3

  • Detail 1
  • Detail 2
  • Detail 3