Skip to content
Home » Doa Setelah Ibadah Haji Beserta Huruf Latin

Doa Setelah Ibadah Haji Beserta Huruf Latin

Doa Setelah Ibadah Haji Beserta Huruf Latin

Setelah menyelesaikan ibadah haji, ada beberapa doa yang disarankan untuk dibaca oleh para jamaah haji. Berikut adalah beberapa doa setelah ibadah haji beserta huruf latinnya:

Allahumma Taqabbal Minni

"Allahumma taqabbal minni wa minkum, aamiin." Ini adalah doa yang paling umum dibaca setelah menyelesaikan ibadah haji. Secara bahasa, arti dari doa ini adalah "Ya Allah, terima haji kami, aamiin." Doa ini selalu diucapkan oleh para jamaah sebagai ungkapan syukur atas kesempatan yang diberikan Allah untuk menunaikan ibadah haji.

Allahumma Innaka ‘Afuwwun Karim

"Allahumma innaka ‘afuwwun karim, tuhibbul ‘afwa, fa’fu ‘anni." Doa ini memiliki arti "Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang Maha Mulia, Engkau mencintai keberkahan dan pemaafan, maka beri maaf pada diriku." Doa ini bisa dibaca setelah menyelesaikan tahap-tahap haji dan menjadi momen untuk memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan selama kurang lebih beberapa bulan melakukan ibadah haji.

Rabbi Zidni ‘Ilman Warzuqni Fahman

"Rabbi zidni ‘ilman, warzuqni fahman, wa-awjibni li aloefi ma’rifatik." Doa setelah ibadah haji ini memiliki arti "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah pemahaman kepada diriku, serta kuatkanlah aku dari kejahatan agar aku bisa mengenal-Mu." Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur atas kesempatan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai ajaran Islam.

Rabbana Taqabbal Minna Innaka Antas Samee’ul ‘Alim

"Rabbana taqabbal minna innaka antas samee’ul ‘alim." Doa ini bisa dibaca setelah selesai melaksanakan ibadah haji. Arti dari doa ini adalah "Ya Tuhan kami, terimalah dariku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." Doa ini menjadi ungkapan syukur atas kesempatan bisa menunaikan ibadah haji dan memohon agar mendapat keberkahan dari Allah.

BACA JUGA:   Doa Keberangkatan Haji dan Kalimat Talbiyah dalam Islam

Laa Ilaaha Illallahu Wahdahu Laa Syarika Lahu, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa ‘Alaa Kulli Syai’in Qadir

"Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir." Doa ini memiliki arti "Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu." Doa ini menjadi pernyataan keimanan kepada Allah Yang Maha Esa.

Bacaan-bacaan tersebut sangatlah penting untuk menjadi moment refleksi sekaligus ungkapan syukur atas kesempatan yang diberikan Allah. Semoga artikel mengenai doa setelah ibadah haji beserta huruf latinnya bisa memberikan inspirasi dan panduan bagi umat muslim yang akan atau sudah menunaikan ibadah haji.