Skip to content
Home » Doa Haji Mabrur dan Artinya

Doa Haji Mabrur dan Artinya

Doa Haji Mabrur dan Artinya

Doa merupakan salah satu ibadah yang utama dalam Islam. Doa haji mabrur bahkan menjadi doa yang amat didambakan oleh umat Islam yang telah melaksanakan ibadah haji. Berdoa dengan penuh harapan agar segala yang dilakukan diterima oleh Allah SWT menjadi tujuan dari berdoa.

Apa itu Haji Mabrur?

Haji Mabrur adalah haji yang diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji yang penuh berkah. Pada saat melaksanakan Ibadah Haji, umat Islam diwajibkan untuk memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, berdoa dan berdzikir. Keberhasilan melaksanakan ibadah haji ditentukan oleh ketulusan hati dan keikhlasan dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Doa Haji Mabrur

Berikut ini adalah doa haji mabrur beserta artinya yang dapat diamalkan oleh para jamaah haji dan calon jamaah haji:

اَللَّهُمَّ هَبْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا صَالِحًا عَاجِلًا غَيْرَ آجِلٍ، وَذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

“Allahumma hablii min ladunka zaujan shalih(a)an ‘ajilan ghair(a) aajili, wa dzurriyyatan thoyyibatan innaka Samii’ud Du’aa”.
Artinya: “Ya Allah, berilah aku dari sisi-Mu pasangan yang shalihah segera dan tidak tertunda, dan keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa”.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a-’yunin wa-jalna lil muttaqina imaman”.
Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami dari istri-istri kami dan keturunan kami agar menjadi penyenang hati dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

BACA JUGA:   Doa Setelah Ibadah Haji Beserta Huruf Latin

اللهم تقبل منا حجنا وسعينا وطوافنا واجعلنا من عتقائك من النار

“Allahumma taqabbal minna hajjana wa sa’iyana wa tawafana wa-j’alna min ‘atqaa`ika minan-naar”.
Artinya: “Ya Allah terimalah haji kami, sa’i kami, dan thawaf kami, dan jadikanlah kami sebagai orang-orang yang terbebas dari api neraka”.

Keutamaan Doa Haji Mabrur

Doa haji mabrur memiliki keutamaan yang sangat besar dalam pandangan Islam. Berdoa dengan penuh keyakinan dan keikhlasan dapat memperoleh karunia dari Allah SWT serta mendapatkan keberkahan dalam kehidupan. Dengan doa, segala urusan yang sulit dapat diatasi.

Kesimpulan

Doa haji mabrur merupakan doa yang amat didambakan oleh jamaah haji dan calon jamaah haji. Dengan berdoa dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, segala urusan hidup dapat diatasi. Semoga dengan penjelasan diatas dapat menambahkan pemahaman kita tentang keutamaan doa haji mabrur.