Skip to content
Home » Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Apabila Belum Sampai Nisab

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Apabila Belum Sampai Nisab

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Apabila Belum Sampai Nisab

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat sendiri merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki harta di atas nisab. Namun, bagaimana cara mengeluarkan zakat apabila belum sampai nisab?

Apa Itu Nisab?

Nisab adalah batas minimal harta yang harus dipenuhi oleh seorang muslim agar wajib membayar zakat. Besaran nisab ditentukan berdasarkan emas dan perak. Nisab untuk emas saat ini sebesar 85 gram atau sekitar Rp.54 juta, sedangkan nisab perak sebesar 595 gram atau sekitar Rp.2 juta.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat?

Jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim tergantung dari jumlah harta yang dimilikinya. Besaran zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki setelah terlewati batas nisab.

Namun, bagaimana cara mengeluarkan zakat apabila belum sampai nisab?

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah tidak tergantung pada jumlah harta yang dimiliki seseorang, melainkan berdasarkan jumlah anggota keluarga.

Besaran zakat fitrah saat ini sebesar Rp.25.000 per jiwa. Jumlah jiwa yang harus dibayar zakat fitrah adalah satu orang untuk setiap anggota keluarga, termasuk bayi yang baru lahir.

Sadaqah

Sadaqah merupakan sedekah atau pemberian yang diberikan tanpa ada kewajiban. Sadaqah dapat diberikan kapan saja dan seberapa pun jumlahnya. Sadaqah dapat diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, seperti fakir miskin atau juga Yayasan sosial yang membutuhkan bantuan.

Infaq

Infaq adalah pemberian yang diberikan atas dasar kasih sayang dan keikhlasan hati. Infaq dapat diberikan untuk berbagai keperluan, seperti pembangunan masjid atau pemberian beasiswa bagi anak yatim.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah?

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan bagi setiap muslim yang belum memenuhi nisab untuk membayar zakat. Seperti yang telah disebutkan di atas, zakat fitrah, sadaqah, dan infaq dapat menjadi pilihan untuk membantu sesama dan meraih kebaikan.

Mari kita jadikan zakat sebagai bentuk ibadah dan tindakan nyata dalam menyebarkan kebaikan kepada sesama.