Skip to content
Home » Teks Doa Selesai Melaksanakan Haji

Teks Doa Selesai Melaksanakan Haji

Teks Doa Selesai Melaksanakan Haji

Pengertian dan Pentingnya Doa Setelah Melaksanakan Ibadah Haji

Doa setelah selesai melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu doa penting yang diwajibkan bagi setiap umat Islam yang telah menyelesaikan rangkaian ritual haji. Doa ini adalah bagian dari rangkaian ibadah yang sangat penting bagi orang yang telah menunaikan haji.

Doa selesai melaksanakan haji memberikan makna tersendiri bagi setiap jemaah yang telah menunaikan rukun Islam ke-5 ini. Doa tersebut mengandung harapan, doa, serta permohonan maaf atas segala kesalahan selama menjalankan ibadah haji.

Selain itu, doa setelah menunaikan haji sangat penting untuk menghindari kesombongan dan melatih keikhlasan hati. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menjaga ketaqwaan dan ketaatan kepada Allah Swt.

Teks Doa Setelah Menunaikan Ibadah Haji

Berikut adalah teks doa setelah menunaikan ibadah haji yang disarankan untuk diucapkan oleh setiap jemaah haji:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا
Ashhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, Allahumma ij’alhu hajjan mabruran, wa sa’yam mashkuran, wa dhanban maghfuran.

Arti dan Makna Doa Setelah Menunaikan Ibadah Haji

Doa selesai melaksanakan ibadah haji tersebut mengandung makna yang sangat dalam bagi setiap jemaah. Berikut adalah arti dan makna dari teks doa di atas:

  • Ashhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lah: Saya bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan selain Allah dan Dia tidak memiliki sekutu.
  • Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh: Dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan rasul Allah.
  • Allahumma ij’alhu hajjan mabruran: Ya Allah, jadikanlah hajiku yang telah ku jalani ini diterima oleh-Mu.
  • Wa sa’yam mashkuran: Jadikanlah segala usahaku dalam beribadah di Makkah disertai dengan rasa syukur pada-Mu.
  • Wa dhanban maghfuran: Dan ampunilah semua dosaku yang pernah ku lakukan.
BACA JUGA:   Doa untuk yang Berangkat Ibadah Haji

Pentingnya Membaca Doa Setelah Menunaikan Ibadah Haji

Membaca doa setelah menunaikan ibadah haji sangat penting untuk menjaga kesucian hati dan menjadikan ibadah kita sebagai jalan menuju ridha Allah Swt. Dalam doa tersebut, kita memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang telah kita perbuat dan berharap agar ibadah haji yang telah kita lakukan dibenarkan dan diterima oleh-Nya.

Selain itu, doa setelah selesai melaksanakan ibadah haji juga merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah Swt. Kita diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, sehingga kita harus senantiasa bersyukur atas nikmat tersebut.

Kesimpulan

Membaca doa setelah menunaikan ibadah haji sangat penting dan diwajibkan bagi setiap jemaah haji. Doa tersebut mengandung makna yang sangat dalam, seperti rasa syukur, permohonan ampunan, dan harapan agar hajiku diterima dan dijadikan sebagai ibadah yang mabrur.

Semoga dengan melaksanakan doa ini, kita dapat dipermudah dalam menjalani kehidupan setelah menunaikan ibadah haji dan selalu mendapatkan rahmat dan ridha Allah Swt. Aamiin.