Skip to content
Home » Apa Itu Zakat Fitrah dan Kapan Dilaksanakan

Apa Itu Zakat Fitrah dan Kapan Dilaksanakan

Apa Itu Zakat Fitrah dan Kapan Dilaksanakan

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim sebagai wujud kepedulian terhadap kaum fakir miskin dan sebagai bentuk ungkapan syukur atas nikmat bersihnya jiwa dan fisik yang diberikan Allah SWT selama bulan Ramadan.

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik dalam bentuk uang maupun bahan makanan kebutuhan pokok seperti beras, gandum, tepung, kacang hijau, kacang merah, gula, minyak, dan sejenisnya. Besaran zakat fitrah sendiri ditetapkan per individu, yakni sebesar kurang lebih 3,5 liter atau setara dengan dua kilogram bahan makanan kebutuhan pokok.

Kapan pelaksanaan zakat fitrah? Sebenarnya, ibadah zakat fitrah bisa dilakukan kapan saja dalam kurun waktu menjelang Lebaran. Namun, pengeluaran zakat fitrah paling afdol dilaksanakan pada malam atau menjelang pagi hari raya Idul Fitri. Menurut hadis, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum salat Idul Fitri dilaksanakan.

Pengeluaran zakat fitrah bisa dilakukan melalui lembaga/masjid resmi yang menyediakan ketentuan pengumpulan zakat, sebagai penyalur zakat dari umat Muslim ke pihak yang berhak menerima sesuai syariat Islam. Di sisi lain, kita juga bisa menyalurkan langsung zakat fitrah tersebut kepada orang yang membutuhkan, baik melalui kepedulian pribadi ataupun melalui lembaga sosial. Sebagai catatan, pengeluaran zakat fitrah sebaiknya dilakukan di wilayah yang sama dengan tempat tinggal muzakki.

Sebagai seorang muslim, kita diharapkan untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dari pengeluaran zakat fitrah. Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, juga terbukti bisa memberikan dampak positif pada kehidupan sosial-budaya, membuat orang yang membutuhkan merasa diperhatikan dan lebih bersemangat dalam hidup, serta menguatkan silaturahmi dan rasa persaudaraan antar sesama muslim.

Jadi, apapun cara dan bentuknya, zakat fitrah adalah ibadah yang sangat penting untuk dilaksanakan. Mari kita nikmati berkah Ramadan dengan senantiasa berbuat kebaikan, termasuk dengan melaksanakan zakat fitrah yang wajib pada bulan suci ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai dan menerima segala amal ibadah kita. Amin.

BACA JUGA:   Kenapa Sekarang Banyak Amil Zakat?