Skip to content
Home » Berapa Persen Zakat Fitrah?

Berapa Persen Zakat Fitrah?

Berapa Persen Zakat Fitrah?

Apakah Anda sudah mengetahui berapa persen yang harus dikeluarkan sebagai zakat fitrah setiap tahunnya? Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada saat menjelang Lebaran untuk membantu orang yang kurang mampu. Zakat fitrah harus dikeluarkan pada akhir bulan Ramadan atau sebelum salat idul fitri.

Berapa persen zakat fitrah yang harus dikeluarkan? Menurut hukum Islam, zakat fitrah wajib dikeluarkan sebanyak satu sha’ atau sekitar 2,5 kilogram beras per orang. Jadi, jika seseorang memiliki anggota keluarga sendiri, seperti suami, istri, dan anak-anak, maka ia harus mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ untuk dirinya sendiri dan satu sha’ untuk setiap anggota keluarganya.

Bagaimana jika seseorang tidak mampu mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu sha’? Bagi orang yang tidak mampu, ia dapat mengeluarkan zakat fitrah sebanyak yang ia mampu. Misalnya, jika ia hanya mampu mengeluarkan 0,5 sha’, maka ia dapat melakukannya.

Selain itu, bagi orang yang hendak mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk uang, maka nilainya harus disesuaikan dengan harga beras di daerahnya. Misalnya, jika harga beras di daerahnya adalah Rp 10.000 per kilogram, maka zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 25.000 per orang.

Pada umumnya, zakat fitrah digunakan untuk membantu orang yang kurang mampu dalam menyambut hari raya idul fitri. Keluarga-keluarga yang membutuhkan dapat diberikan bantuan dalam bentuk beras, uang, atau makanan lainnya.

Jadi, bagaimana cara menghitung zakat fitrah yang benar? Pertama, kita dapat menghitung berapa banyak anggota keluarga yang harus dikeluarkan zakat fitrah untuk masing-masing orang. Kedua, kita dapat menghitung berapa banyak beras atau uang yang harus dikeluarkan untuk setiap orang. Ketiga, kita dapat memberikan bantuan zakat fitrah pada orang yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Cara Membayar Zakat Harta yang Benar

Jangan lupa, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum salat idul fitri seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan mengeluarkan zakat fitrah, kita dapat membantu sesama dan juga memperoleh pahala dari Allah SWT. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Selamat berzakat fitrah!