Skip to content
Home » Jelaskan Cara Mengerjakan Ibadah Haji Ifrad Tamattu Qiran

Jelaskan Cara Mengerjakan Ibadah Haji Ifrad Tamattu Qiran

Jelaskan Cara Mengerjakan Ibadah Haji Ifrad Tamattu Qiran

Jika Anda ingin menunaikan ibadah Haji, maka ada beberapa cara yang bisa dipilih, yaitu Ifrad, Tamattu, dan Qiran. Ketiga jenis ini adalah cara-cara berbeda dalam menunaikan ibadah Haji. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mengerjakan ibadah Haji Ifrad, Tamattu, dan Qiran.

Ibadah Haji Ifrad

Ibadah Haji Ifrad adalah cara menunaikan ibadah Haji dengan hanya mengerjakan ibadah Haji saja, tanpa umrah. Artinya, Anda hanya akan melakukan ibadah Haji ketika tiba di Mekkah. Anda tidak akan mengerjakan umrah terlebih dahulu sebelum Haji.

Untuk memulai ibadah Haji Ifrad, Anda harus memakai pakaian ihram dan melakukan niat untuk menunaikan ibadah Haji. Setelah itu, Anda akan melakukan tawaf di Ka’bah sebanyak tujuh kali. Kemudian, Anda akan melakukan sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, Anda akan pergi ke Mina dan bertakbir. Kemudian, pada hari kedelapan dalam bulan Dzulhijjah, Anda akan pergi ke Arafah dan tinggal di sana hingga matahari terbenam. Setelah itu, Anda akan pergi ke Muzdalifah dan bermalam di sana.

Pada hari kesembilan, Anda akan melakukan jumrah di Mina. Setelah itu, Anda akan memotong rambut atau mencukur kepala Anda. Setelah itu, Anda akan kembali ke Mekkah dan melakukan umrah. Setelah selesai, maka ibadah Haji Anda pun selesai.

Ibadah Haji Tamattu

Ibadah Haji Tamattu adalah cara menunaikan ibadah Haji dengan mengerjakan umrah terlebih dahulu sebelum melakukan Haji. Artinya, Anda akan melakukan umrah terlebih dahulu, kemudian keluar dari ihram dan masuk lagi pada hari ke-8 Dzulhijjah untuk menunaikan ibadah Haji.

BACA JUGA:   Sejarah Awal Mula Pelaksanaan Ibadah Haji

Untuk memulai ibadah Haji Tamattu, Anda harus memakai pakaian ihram dan melakukan niat untuk menunaikan umrah. Setelah itu, Anda akan melakukan tawaf sebanyak tujuh kali di sekitar Ka’bah dan melakukan sa’i sebanyak tujuh kali di antara bukit Safa dan Marwah.

Setelah selesai, Anda akan keluar dari ihram dan menunggu hari ke-8 Dzulhijjah untuk kembali memakai ihram dan melakukan ibadah Haji seperti yang dilakukan pada ibadah Haji Ifrad.

Ibadah Haji Qiran

Ibadah Haji Qiran adalah cara menunaikan ibadah Haji dengan mengerjakan umrah dan Haji secara bersamaan. Artinya, Anda akan memakai pakaian ihram dan melakukan niat untuk menunaikan ibadah umrah dan Haji secara bersamaan.

Untuk memulai ibadah Haji Qiran, Anda harus memakai pakaian ihram dan melakukan niat untuk menunaikan umrah dan Haji. Setelah itu, Anda akan melakukan tawaf di sekitar Ka’bah sebanyak tujuh kali, kemudian melakukan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, pada hari ke-8 Dzulhijjah, Anda akan pergi ke Arafah dan bermalam di sana hingga matahari terbenam. Kemudian, Anda akan pergi ke Muzdalifah dan bermalam di sana.

Pada hari kesembilan, Anda akan melakukan jumrah di Mina dan memotong rambut atau mencukur kepala. Setelah itu, Anda akan kembali ke Mekkah dan melakukan tawaf dan sa’i seperti yang dilakukan pada umrah. Setelah selesai, maka ibadah Haji Anda pun selesai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara mengerjakan ibadah Haji Ifrad, Tamattu, dan Qiran. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah Haji dengan cara yang tepat dan benar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Ingatlah untuk senantiasa memohon petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT ketika melakukan ibadah Haji.

BACA JUGA:   Hikmah Ibadah Haji untuk Siswa SMA Kelas 10