Skip to content
Home » Apa Itu Haul dalam Zakat

Apa Itu Haul dalam Zakat

Apa Itu Haul dalam Zakat

Apakah kamu pernah mendengar tentang istilah "haul" dalam zakat? Haul merupakan salah satu istilah dalam ajaran agama Islam yang sehubungan dengan kewajiban mengeluarkan zakat. Haul bertujuan untuk menentukan batas waktu penghitungan harta dan pembayaran zakat serta mengetahui siapa-siapa saja yang berhak menerima zakat.

Arti Haul dalam Zakat

Haul dalam zakat artinya isbatul haul yang memiliki arti penetapan masa setiap kali seseorang mengeluarkan zakat. Isbatul haul sendiri berarti penetapan kewajiban membayar zakat di saat masa haul tiba.

Haul juga menjadi tolak ukur dalam menentukan siapa-siapa saja yang berhak menerima zakat. Hanya orang-orang tertentu saja yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin, orang yang terlilit hutang, saudara yang memerlukan, dan lain sebagainya.

Masa Haul dalam Zakat

Sesuai dengan ajaran agama Islam, masa haul dalam zakat adalah selama satu tahun hijriyah. Satu tahun hijriyah sendiri setara dengan 354-355 hari pada kalender masehi.

Jika jumlah harta setelah dikurangi dengan utang dan kebutuhan pokok mencapai nishab (batas minimum penghasilan), maka seseorang diwajibkan untuk mengeluarkan zakat pada saat masa haul tiba.

Menghitung Zakat saat Masa Haul

Dalam menghitung zakat saat masa haul tiba, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah jumlah harta yang dimiliki setelah dikurangi utang dan kebutuhan pokok. Kemudian, baru dihitung zakatnya dengan menggunakan persentase tertentu. Persentase zakat sendiri bervariasi, tergantung pada jenis harta yang dimiliki.

Ketika sudah diketahui jumlah harta yang dimiliki serta persentase zakatnya, maka dana zakat dapat mulai disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

BACA JUGA:   Yang Diperbolehkan Menerima Zakat

Kesimpulan

Dalam ajaran agama Islam, haul merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam menghitung zakat. Haul sendiri berarti penetapan masa setiap kali seseorang mengeluarkan zakat. Masa haul dihitung selama satu tahun hijriyah dan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghitung zakat saat masa haul tiba.

Dengan mengetahui tentang apa itu haul dalam zakat, diharapkan kita dapat memahami dengan lebih baik tentang kewajiban mengeluarkan zakat serta mengetahui siapa-siapa saja yang berhak menerima zakat. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi semua pembaca.