Skip to content
Home » Apa Sajakah Rukun Melaksanakan Ibadah Haji di Brainly: Panduan Mendetail

Apa Sajakah Rukun Melaksanakan Ibadah Haji di Brainly: Panduan Mendetail

Apa Sajakah Rukun Melaksanakan Ibadah Haji di Brainly: Panduan Mendetail

Haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim yang mampu melaksanakannya secara materi dan fisik. Ibadah haji, seperti yang kita ketahui, dilaksanakan di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, pada tanggal tertentu dalam bulan Dzulhijjah. Untuk melaksanakan ibadah haji, ada beberapa rukun yang harus dipenuhi oleh jamaah haji. Berikut apa saja rukun melaksanakan ibadah haji di Brainly yang perlu kamu ketahui.

Rukun Haji

1. Ihram

Ihram merupakan syarat pertama untuk melaksanakan ibadah haji. Ihram merupakan keadaan suci dan murni yang diwujudkan dengan memakai pakaian ihram. Pakaian ihram terdiri dari dua helai kain putih tanpa jahitan, yang dipakai oleh laki-laki. Sementara perempuan bisa memakai pakaian ihram sama dengan pakaian mereka sehari-hari.

2. Wukuf

Wukuf di Arafat merupakan rukun haji yang paling penting. Wukuf dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dari tengah hari hingga waktu matahari terbenam. Tempat wukuf adalah di dataran Arafat, sekitar 25 km dari Kota Mekkah. Di tempat inilah Rasulullah SAW pernah memberikan khutbah haji yang terkenal.

3. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Kaa’ba sebanyak 7 kali, diikuti dengan Shalat yang dilakukan di dalam Masjidil Haram. Tawaf hendaknya dilakukan sehari-hari atau jika tidak mampu, selama di Mekkah.

4. Sa’i

Setelah tawaf, jamaah haji melakukan sa’i yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i harus dilakukan setelah tawaf.

Fardlu dan Sunah dalam Ibadah Haji

1. Fardlu

Fardlu dalam ibadah haji terdiri dari Ihram, Wukuf, Tawaf, Sa’i, dan Tahalul. Tahalul adalah melepaskan pakaian ihram dan memotong rambut.

BACA JUGA:   Daftar Haji 2014 Berangkat Tahun Berapa: Persiapan dan Persyaratan untuk Calon Jamaah

2. Sunah

Sunah dalam ibadah haji antara lain berikut.

  • Tawaf Qudum. Tawaf Qudum dilakukan ketika jamaah haji tiba di Mekkah.
  • Tawaf Wada. Tawaf Wada merupakan tawaf yang dilakukan sebelum meninggalkan Mekkah.
  • Mabit di Mina. Mabit di Mina merupakan sunah yang dilakukan pada malam tanggal 8 Dzulhijjah.
  • Mabit di Muzdalifah. Mabit di Muzdalifah juga dilakukan pada malam tanggal 8 Dzulhijjah.
  • Melempar jumrah. Melempar jumrah dilakukan untuk melambangkan melemparkan setan.

Kesimpulan

Itulah tadi rukun melaksanakan ibadah haji di Brainly yang perlu kamu ketahui. Dalam melaksanakan ibadah haji, kamu harus memenuhi semua syarat dan rukun yang ada. Selain rukun, juga ada fardlu dan sunah dalam ibadah haji yang harus kamu penuhi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin melaksanakan ibadah haji dan dapat membantumu untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.