Skip to content
Home » Mengapa di Indonesia Zakat Tidak Begitu Diperhatikan Layaknya Haji

Mengapa di Indonesia Zakat Tidak Begitu Diperhatikan Layaknya Haji

Mengapa di Indonesia Zakat Tidak Begitu Diperhatikan Layaknya Haji

Zakat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Ibadah zakat ini termasuk ke dalam lima rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu. Meskipun demikian, terkadang zakat tidak menjadi perhatian utama bagi umat Islam di Indonesia. Berbeda dengan ibadah haji yang selalu menjadi perhatian banyak orang dan menjadi impian banyak umat Islam.

Lalu mengapa zakat tidak begitu diperhatikan di Indonesia? Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Minimnya Pemahaman tentang Zakat

Satu hal yang mungkin menjadi penyebab minimnya perhatian terhadap zakat adalah minimnya pemahaman tentang zakat itu sendiri. Banyak orang yang menganggap zakat hanya sekedar memberikan sebagian dari kekayaannya untuk kepentingan sosial. Padahal hakekat zakat sebenarnya lebih dari itu.

Jika seseorang memahami hakekat zakat, maka ia akan lebih memperhatikan ibadah zakat dan akan berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang zakat di kalangan umat Islam.

Kurangnya Kepedulian terhadap Sesama

Selain minimnya pemahaman tentang zakat, kurangnya kepedulian terhadap sesama juga dapat menjadi faktor penyebab minimnya perhatian terhadap zakat di Indonesia. Sebagai contoh, jika seseorang tidak peduli dengan kesulitan yang dialami oleh orang lain, maka ia tidak akan merasa perlu untuk memberikan zakat.

Padahal, salah satu tujuan dari zakat adalah untuk membantu meringankan beban orang yang kurang mampu. Jika kita peduli dengan orang lain, maka kita juga akan lebih memperhatikan ibadah zakat.

Kurangnya Sosialisasi dari Lembaga Zakat

Lembaga zakat memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan zakat kepada masyarakat. Namun, terkadang lembaga zakat kurang melakukan sosialisasi yang cukup intensif sehingga banyak orang yang belum mengetahui betapa pentingnya ibadah zakat.

BACA JUGA:   Mengapa Membayar Zakat Adalah Hal Yang Penting

Upaya sosialisasi yang intensif akan membantu masyarakat untuk memahami hakekat dari ibadah zakat dan juga cara-cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kewajiban zakat dengan baik.

Kesulitan dalam Menyalurkan Zakat

Salah satu hal yang mungkin menjadi kendala dalam memperhatikan ibadah zakat di Indonesia adalah kesulitan dalam menyalurkan zakat. Di Indonesia, terdapat banyak lembaga zakat yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan zakat. Namun, terkadang masyarakat sulit untuk mengetahui lembaga zakat yang terpercaya dan tepat sasaran.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari pemerintah dan lembaga zakat untuk memperkenalkan lembaga zakat yang terpercaya dan bisa dipercaya oleh masyarakat.