Skip to content
Home » Berapa Persen Zakat yang Harus Dikeluarkan Mal?

Berapa Persen Zakat yang Harus Dikeluarkan Mal?

Berapa Persen Zakat yang Harus Dikeluarkan Mal?

Apakah Anda sering bertanya-tanya berapa persen zakat yang harus dikeluarkan dari harta yang dimiliki? Bagi umat muslim, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan setiap tahunnya. Zakat merupakan dana sosial yang digunakan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Namun, sebelum membayar zakat, Anda harus memahami berapa persen zakat yang harus dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Berikut ini kami akan membahas lebih jauh mengenai berapa persen zakat yang harus dikeluarkan mal.

Pengertian Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki seseorang. Zakat mal termasuk dalam zakat fithrah, yaitu zakat yang wajib dibayar setiap tahunnya. Zakat mal harus dikeluarkan jika harta yang dimiliki sudah mencapai nisab.

Nisab Zakat Mal

Nisab zakat mal merupakan jumlah harta minimal yang harus dimiliki untuk bisa membayar zakat. Besaran nisab zakat mal menyesuaikan dengan harga emas saat ini. Saat ini, nisab zakat mal sebesar 85 gram emas.

Besaran Zakat Mal

Besaran zakat mal yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari harta yang dimiliki. Jadi, jika harta yang dimiliki sudah mencapai nisab, maka harus dikeluarkan zakat 2,5% dari jumlah hartanya.

Contoh perhitungan zakat mal:

Jika seseorang memiliki harta sebesar 200 gram emas, maka harta tersebut sudah mencapai nisab zakat mal. Maka, untuk menghitung berapa zakat yang harus dikeluarkan, maka rumusnya sebagai berikut.

200 gram emas x harga emas sekarang = total harga harta
Contoh: 200 gram emas x Rp850,000 = Rp170,000,000

Jumlah harta yang dimiliki adalah Rp170,000,000. Maka, zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% x Rp170,000,000 = Rp4,250,000.

BACA JUGA:   Kebutuhan Pokok dalam Perhitungan Zakat

Kapan Harus Membayar Zakat Mal?

Zakat mal harus dikeluarkan setiap tahunnya jika sudah mencapai nisab. Namun, jika harta yang dimiliki belum mencapai nisab pada tahun tersebut, maka zakat mal tidak harus dikeluarkan.

Ketika waktu zakat sudah tiba, maka segera bayar zakatnya. Tepat waktu membayar zakat merupakan bentuk kepatuhan sebagai umat muslim yang taat.

Kesimpulan

Bagi umat muslim, membayar zakat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Besaran zakat mal yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari harta yang dimiliki jika sudah mencapai nisab. Untuk menghitung zakat, perlu mengetahui nisab zakat mal dan harga emas yang berlaku saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai zakat mal.