Skip to content
Home » Berapa Persen Zakat Harta yang Harus Dikeluarkan

Berapa Persen Zakat Harta yang Harus Dikeluarkan

Berapa Persen Zakat Harta yang Harus Dikeluarkan

Zakat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Zakat merupakan salah satu pilar dari agama Islam dan memiliki nilai penting dalam kehidupan umat muslim. Zakat adalah penghasilan atau harta yang wajib dikeluarkan sebanyak 2,5% dari kekayaan kita setiap tahunnya sebagai bentuk amal ibadah kepada Allah SWT. Namun, berapa persen zakat harta yang harus dikeluarkan?

Persentase Zakat Harta

Zakat harta adalah zakat yang dikenakan pada harta yang dimiliki oleh seseorang. Persentase zakat harta sebesar 2,5% dari nilai harta yang dimiliki setelah selama satu tahun. Ini berarti jika harta kita tidak mencapai nisab atau batas minimal harta yang harus di zakatkan, maka kita tidak wajib membayarkan zakat.

Batas Nisab

Nisab adalah batas minimal harta yang harus dimiliki seseorang sebelum wajib membayar zakat. Batas nisab untuk zakat harta adalah setara dengan 85 gram emas. Artinya, jika harta yang dimiliki berjumlah di bawah batas nisab, maka kita tidak wajib membayar zakat. Namun, jika harta yang dimiliki telah melampaui batas nisab, maka kita wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari nilai total harta setelah setahun.

Jenis Harta yang Dizakatkan

Ada beberapa jenis harta yang harus dikeluarkan zakat di antaranya adalah:

  • Uang tunai dan tabungan
  • Emas dan perak
  • Investasi
  • Harta dagangan
  • Pertanian dan perkebunan

Harta tersebut jika telah mencapai nisab atau batas minimalnya, maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5% dari nilai total harta selama satu tahun.

Perhitungan Zakat Harta

Perhitungan zakat harta cukup sederhana, yaitu dengan mengalikan jumlah harta dengan 2,5%. Namun, harus diperhatikan bahwa perhitungan ini berlaku setelah harta kita mencapai batas nisab selama satu tahun.

BACA JUGA:   Yang Wajib Bayar Zakat Fitrah

Contoh perhitungan zakat harta: Jika total harta kita mencapai 100 juta rupiah selama satu tahun, maka zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% x 100 juta rupiah = 2,5 juta rupiah.

Pentingnya Membayar Zakat

Membayar zakat harta memiliki manfaat yang sangat besar. Selain menjaga kebersihan harta kita, membayar zakat juga membantu sesama. Zakat dapat disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, kaum dhuafa, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Zakat harta merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Persentase zakat harta sebesar 2,5% dari nilai total harta setelah mencapai batas nisab selama satu tahun. Batas nisab untuk zakat harta adalah setara dengan 85 gram emas. Ada beberapa jenis harta yang harus dizakatkan di antaranya uang tunai, emas, investasi, hartadagangan, dan pertanian dan perkebunan. Membayar zakat harta sangat penting dalam kehidupan umat muslim dengan tujuan membersihkan harta dan membantu sesama.