Skip to content
Home » Daftar Keberangkatan Haji Kabupaten Padang Pariaman

Daftar Keberangkatan Haji Kabupaten Padang Pariaman

Daftar Keberangkatan Haji Kabupaten Padang Pariaman

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu secara finansial maupun fisik. Keberangkatan haji dilakukan secara berkala setiap tahunnya, dan salah satu daerah yang memiliki jadwal keberangkatan haji adalah Kabupaten Padang Pariaman.

Berikut daftar keberangkatan haji kabupaten Padang Pariaman yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menunaikan rukun Islam ke-5 ini.

Daftar Keberangkatan Haji Kabupaten Padang Pariaman

No Nama Jemaah Kelompok Asal Jadwal
1 Misbahul Aziz 121 Lunang, Ulakan Tapakis 11 Juli 2023
2 Siti Fatimah 53 Balai Gadang, Batang Anai 13 Juli 2023
3 Muhammad Iqbal 99 VII Koto Sungai Sariak 15 Juli 2023
4 Siti Zainab 76 Batu Hampar, Batang Anai 18 Juli 2023
5 Abdul Hamid 81 Kampung Dalam, Rambatan 20 Juli 2023

Persiapan Keberangkatan Haji

Sebelum melakukan keberangkatan haji, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan sebagai berikut:

Pembayaran Biaya Haji

Biaya haji merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji sebelum melakukan keberangkatan. Biaya ini dapat dikeluarkan secara tunai atau mencicil melalui bank atau lembaga pembiayaan lainnya.

Pemeriksaan Kesehatan

Sebelum keberangkatan haji, jemaah harus melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jemaah dalam keadaan sehat dan mampu untuk menunaikan ibadah haji.

Pemeriksaan Dokumen dan Perlengkapan

Jemaah juga harus memeriksa dokumen dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk keberangkatan haji. Dokumen yang harus diperiksa antara lain paspor dan visa ke Arab Saudi. Sedangkan perlengkapan yang harus disiapkan adalah pakaian ihram dan perlengkapan lainnya.

BACA JUGA:   Beberapa Judul Cerita Tentang Ibadah Haji - Menjadi Sebuah Pengalaman Spiritual Menakjubkan

Membekali Diri dengan Ilmu Agama

Seorang jemaah haji juga harus membekali diri dengan ilmu agama sebelum melakukan keberangkatan haji. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jemaah mampu memahami tata cara dan tuntunan dalam menunaikan ibadah haji.

Keberangkatan Haji

Setelah melakukan persiapan yang cukup, jemaah haji akan melakukan keberangkatan ke Arab Saudi melalui Bandara International Minangkabau. Keberangkatan haji dilakukan dengan menggunakan pesawat khusus yang disediakan oleh pemerintah dan maskapai penerbangan.

Perjalanan Haji

Perjalanan haji dilakukan selama kurang lebih 9 jam tergantung dari kondisi cuaca dan perjalanan. Jemaah haji diharuskan untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan dan petugas haji.

Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah sampai di Arab Saudi, jemaah haji akan melaksanakan serangkaian ibadah haji yang diawali dengan tawaf di Ka’bah. Selanjutnya, jemaah akan melaksanakan sa’i antara bukit Safa dan Marwah, serta melaksanakan wukuf di Arafah.

Kesimpulan

Keberangkatan haji adalah ibadah yang penting bagi umat muslim. Persiapan dan pelaksanaan ibadah haji harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan memperhatikan hal-hal yang penting. Dengan adanya daftar keberangkatan haji kabupaten Padang Pariaman ini, diharapkan dapat membantu jemaah dalam menunaikan ibadah haji dengan lebih mudah dan efisien. Jangan lupa untuk terus memperdalam ilmu agama dan memohon doa kepada Allah SWT supaya ibadah haji yang dilaksanakan dapat diterima dengan baik oleh Allah SWT.