Skip to content
Home » Berapa Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang?

Berapa Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang?

Berapa Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim pada bulan Ramadan atau sekurang-kurangnya sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Zakat fitrah bisa dikeluarkan dalam bentuk sejumlah makanan pokok atau dengan menggunakan uang. Namun, banyak dari kita sering kali bingung mengenai berapa bayar zakat fitrah pakai uang.

Ternyata, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menentukan berapa jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan if kita hendak menggunakan uang. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Perhitungan Berapa Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang

Secara umum, besarnya zakat fitrah yang harus kita keluarkan adalah sebesar satu sha’ makanan pokok setara dengan 2,5 kg per orang. Jadi, jika dalam keluarga kita terdiri dari 4 orang, maka zakat fitrah yang harus kita keluarkan adalah sebesar 4 sha’ atau 10 kg makanan pokok.

Namun, jika kita hendak mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk uang, maka besarnya zakat yang harus kita keluarkan adalah nilai dari 2,5 kg makanan pokok di daerah setempat. Berikut adalah contoh perhitungannya jika kita ingin mengeluarkan zakat fitrah dengan uang di Jakarta.

Contoh Perhitungan Berapa Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang di Jakarta

  • Harga beras di pasar sekitar Rp10.000 per kg, maka harga 2,5 kg beras adalah Rp25.000
  • Jika dalam keluarga kita terdiri dari 4 orang, maka berapa bayar zakat fitrah pakai uang adalah Rp25.000 x 4 orang = Rp100.000
  • Maka, besarnya zakat yang harus kita keluarkan untuk keluarga yang terdiri dari 4 orang di Jakarta adalah sebesar Rp100.000
BACA JUGA:   Kapan dan Di Mana Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Namun, perlu diingat bahwa perhitungan zakat fitrah dalam bentuk uang bisa berbeda tergantung dengan harga makanan pokok dan daerah setempat.

Mekanisme Pembayaran Zakat Fitrah Pakai Uang

Setelah mengetahui berapa bayar zakat fitrah pakai uang, maka selanjutnya kita perlu mengetahui mekanisme pembayarannya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membayar zakat fitrah menggunakan uang, antara lain:

  1. Membayar langsung ke lembaga zakat terpercaya seperti Baznas, Dompet Dhuafa, dan sebagainya. Biasanya lembaga-lembaga zakat ini memiliki mekanisme pembayaran Zakat Fitrah pakai uang yang dapat dilakukan melalui transfer antarbank atau dengan datang langsung ke kantor mereka.

  2. Membayar melalui masjid atau mushola yang menjadi tempat kita biasa menjalankan ibadah shalat. Cara ini cukup mudah dan praktis karena kita tinggal menyerahkan uang yang sudah disiapkan untuk Zakat Fitrah kepada panitia masjid atau mushola.

Kesimpulan

Dalam menentukan berapa bayar zakat fitrah pakai uang, kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti harga makanan pokok di daerah setempat. Namun, dengan mengikuti perhitungan sederhana dan memilih mekanisme pembayaran yang tepat, kita dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakat fitrah di tengah kesibukan Ramadan. Jangan lupa juga untuk berbagi dan memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan. Selamat menunaikan ibadah zakat fitrah!