Skip to content
Home » Berapa Seharusnya Kita Berzakat

Berapa Seharusnya Kita Berzakat

Berapa Seharusnya Kita Berzakat

Berzakat adalah salah satu rukun Islam yang penting dan wajib dilakukan bagi setiap muslim yang mampu. Berzakat adalah salah satu bentuk ibadah yang mempunyai manfaat yang besar, yaitu membersihkan harta dari sifat kikir dan serakah serta memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Namun, masih banyak di antara kita yang belum paham dan tidak mengetahui berapa seharusnya kita berzakat. Berikut adalah penjelasan mengenai besaran zakat yang seharusnya kita bayarkan.

Nisab Zakat

Nisab zakat adalah batas minimum kepemilikan harta untuk mengeluarkan zakat. Besaran nisab zakat berbeda-beda tergantung dari jenis harta yang dimiliki. Berikut adalah besaran nisab zakat untuk beberapa jenis harta:

  • Emas 85 gram
  • Perak 595 gram
  • Uang 20 dinar atau 200 ribu rupiah

Jika jumlah harta yang kita miliki sudah mencapai besaran nisab tersebut, maka kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat dari kekayaan kita.

Besaran Zakat

Besaran zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total harta yang dimiliki. Berikut adalah perhitungan besaran zakat yang harus dikeluarkan:

Total harta yang dimiliki x 2,5% = Besaran zakat yang harus dikeluarkan

Contoh perhitungan zakat:

Misalnya, total harta yang dimiliki sebesar 100 juta rupiah. Maka, besaran zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% x 100 juta rupiah = 2,5 juta rupiah.

Kapan Harus Mengeluarkan Zakat?

Zakat harus dikeluarkan setiap tahunnya. Tepatnya, zakat dikeluarkan setelah total kepemilikan harta mencapai nisab selama satu tahun. Jika harta tidak mencapai nisab, maka tidak wajib untuk mengeluarkan zakat.

Kelebihan Mengeluarkan Zakat

Mengeluarkan zakat memiliki kelebihan yang besar. Selain sebagai bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, mengeluarkan zakat juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Zakat juga dapat membersihkan harta dari sifat serakah dan kikir serta dapat membantu kita dalam mengambil barokah dari harta yang dimiliki.

BACA JUGA:   Kapan Mengeluarkan Zakat Fitrah

Kesimpulan

Berzakat adalah salah satu rukun Islam yang penting dan wajib dilakukan bagi setiap muslim yang mampu. Besaran zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total harta yang dimiliki setelah mencapai nisab. Zakat harus dikeluarkan setiap tahunnya setelah total kepemilikan harta mencapai nisab selama satu tahun. Mengeluarkan zakat memiliki manfaat yang besar, tidak hanya sebagai bentuk ibadah namun juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan serta membersihkan harta dari sifat serakah dan kikir. Selalu ingat, zakat bukanlah pengeluaran yang merugikan, namun memberikan manfaat yang besar dan membawa berkah dalam hidup kita.