Skip to content
Home » Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019 di Medan?

Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019 di Medan?

Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019 di Medan?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim yang mampu di bulan suci Ramadhan. Zakat Fitrah 2019 di Medan masih menjadi perbincangan hangat bagi umat muslim di kota tersebut. Penentuan nilai zakat ini memang selalu menjadi perhatian bagi setiap muslim, terutama bagi mereka yang kurang memahami hal ini.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu untuk membersihkan diri dari segala bentuk dosa yang dilakukan selama berpuasa dan sekaligus membantu mereka yang membutuhkan. Nisab zakat fitrah adalah sebesar 3,5 liter bahan makanan pokok seperti beras, jagung atau gandum.

Besaran Zakat Fitrah

Di Medan, besaran Zakat Fitrah 2019 adalah sebesar Rp. 30.000,- per jiwa. Hal ini berlaku untuk semua jenis bahan makanan pokok yang dikeluarkan dalam bentuk uang.

Perhitungan Zakat Fitrah

Untuk menghitung jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan, kita dapat menghitung berdasarkan isi rata-rata setiap jenis bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi. Jika kita mengambil contoh beras, maka besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5 kg beras setiap orang. Jumlah ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi di masing-masing daerah.

Jadwal Penyaluran Zakat Fitrah

Zakat Fitrah harus dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Penyaluran zakat fitrah dapat dilakukan langsung kepada orang yang membutuhkan atau melalui lembaga-lembaga amil zakat terpercaya. Hal ini bertujuan agar penyaluran zakat fitrah dapat dilaksanakan secara merata dan tepat sasaran.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim yang mampu. Besaran zakat fitrah di Medan pada tahun 2019 adalah sebesar Rp. 30.000,- per jiwa dan harus ditunaikan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Untuk menentukan jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan, kita dapat menghitungnya berdasarkan isi rata-rata setiap jenis bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi. Sebagai muslim, kita seharusnya memperhatikan kewajiban ini sehingga dapat membersihkan diri dari segala dosa selama berpuasa dan membantu mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Ke Siapa Zakat: Menjawab Pertanyaan Penting Tentang Zakat