Skip to content
Home » Mengapa Kita Diwajibkan Membayar Zakat Fitrah Pada Saat Akhir Ramadhan

Mengapa Kita Diwajibkan Membayar Zakat Fitrah Pada Saat Akhir Ramadhan

Mengapa Kita Diwajibkan Membayar Zakat Fitrah Pada Saat Akhir Ramadhan

Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan. Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa Ramadan juga menuntut untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Sepanjang bulan Ramadan, kita juga diwajibkan menunaikan zakat fitrah.

Mungkin beberapa dari kita masih merasa bingung, mengapa kita diwajibkan membayar zakat fitrah pada saat akhir Ramadan? Apa maksud dan tujuan dari zakat fitrah? Mari kita bongkar satu persatu.

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan. Zakat Fitrah diwajibkan untuk membersihkan diri dan jiwa dari kekurangan selama berpuasa. Zakat Fitrah juga diwajibkan sebagai bentuk solidaritas sosial dengan sesama muslim yang membutuhkan.

Maksud dan Tujuan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah memiliki maksud dan tujuan yang sangat mulia. Maksud dari Zakat Fitrah adalah untuk membersihkan diri dan jiwa dari kekurangan selama berpuasa. Semisal, sisa-sisa makanan yang ada di tubuh kita yang tidak terbuang saat berpuasa, bisa dibersihkan dengan zakat fitrah.

Tujuan dari Zakat Fitrah juga adalah untuk membantu sesama muslim yang membutuhkan. Dengan membayar Zakat Fitrah, kita berperan aktif dalam menyelesaikan masalah sosial di tengah-tengah masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak saudara muslim yang membutuhkan pertolongan, dan Zakat Fitrah menjadi wujud solidaritas sosial dengan mereka.

Siapa Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Setiap muslim yang mampu harus membayar zakat fitrah. Mampu di sini berarti seseorang memiliki kelebihan harta yang bisa digunakan untuk membayar zakat fitrah. Besaran zakat fitrah sendiri sebesar satu sha’ atau setara dengan sekitar 3 liter makanan pokok seperti beras atau gandum. Besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan ini tidak berubah dan sama setiap tahunnya.

BACA JUGA:   Apa Boleh Mantan Istri Dibayarkan Zakat Fitrah?

Kapan Zakat Fitrah Harus Dibayar?

Zakat Fitrah biasanya dibayarkan saat terjadi tanggal 1 Syawal atau kita kenal dengan Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi, ada juga yang membayar zakat fitrah sebelum waktu tersebut. Namun, yang perlu diingat, zakat fitrah tidak boleh dibayarkan setelah Idul Fitri, dan harus dibayarkan sebelum shalat Idul Fitri.

Kesimpulan

Membayar zakat fitrah pada saat akhir Ramadan adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi setiap muslim yang mampu. Zakat Fitrah memiliki maksud dan tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk membersihkan diri dan jiwa dari kekurangan selama berpuasa dan membantu sesama muslim yang membutuhkan. Hal ini menjadi wujud solidaritas sosial dengan saudara muslim kita dan bentuk untuk membentuk kepedulian sosial antar umat Islam.

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah membayar Zakat Fitrahmu dan merasakan kebahagiaan membantu sesama muslim yang membutuhkan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua!