Skip to content
Home » Doa Menunaikan Haji

Doa Menunaikan Haji

Doa Menunaikan Haji

Salah satu kewajiban umat Islam adalah menunaikan ibadah haji. Menurut Al-Quran, Allah SWT telah menetapkan ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat muslim yang mampu. Menunaikan haji bukan hanya sekedar mencukupi kebutuhan spiritual bagi umat muslim, tetapi juga menjadi momen penting di dalam kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas doa menunaikan haji dan pentingnya doa dalam ibadah haji.

Pentingnya Doa Menunaikan Haji

Doa menjadi bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, doa juga menjadi doa menunaikan haji menjadi sangat penting karena dalam doa, kita memohon keberkahan, perlindungan, dan pertolongan dari Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT:

"Dan ajarkanlah kepada manusia doa-doa haji mereka, niscaya mereka mendapat manfaat darinya" (QS. Al-Baqarah: 197).

Selain itu, doa juga membantu kita untuk memantapkan niat dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan berdoa, kita dapat meminta kekuatan dan kesabaran dari Allah SWT dalam melaksanakan ibadah haji dengan sepenuh hati.

Doa Menunaikan Haji

Dalam pelaksanaan ibadah haji, terutama saat melakukan tawaf, sai, dan wukuf, kita akan menghadapi beberapa tantangan yang membutuhkan kekuatan dan kesabaran. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa doa menunaikan haji yang dapat membantu kita untuk tetap kuat dan sabar dalam melaksanakan ibadah haji:

Doa sebelum melakukan tawaf

"Bismillah, Allahumma i’tasimni minas syaithanir rojim, alhamdulillahilladzi ahyaana badha maa amathanaw ilaihin nusyuur. Wa innaa ilaa Rabbinaa la munqoliibun. Allahumma aftah lii abwaaba rahmatika"

Artinya: "Dengan nama Allah, Ya Allah, jauhkan aku dari godaan setan yang terkutuk. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita hidup kembali setelah mati, dan kepada-Nya kami kembali. Sungguh, kita kembali kepada Tuhan kita. Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untuk kami."

BACA JUGA:   Bolehkah Orang yang Tidak Mampu Melaksanakan Ibadah Haji?

Doa saat berada diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad

"Bismillahirrahmanirrahim, Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina azaban nar"

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebahagiaan hidup di dunia ini dan kebahagiaan di akhirat kelak, dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa saat bertawaf

"Allahumma rabba hazihil-ka’abati-tammatti was-salamu ‘alaa syaikhina Muhammadin sa’adatahu wat-taqaddama wa darajaatahu fil ‘ala."

Artinya: "Ya Allah, Tuhan pemilik Baitullah yang sempurna, rahmat dan selamat semoga tercurah kepada junjungan kami, nabi Muhammad saw, dan semoga diangkatlah derajatnya di dunia dan di akhirat."

Doa saat berada di Padang Arafah

"Laa ilaaha illAllahu wahdahuu laa syariika lah, lahul-mulku walahul-hamd, yuyyi wa yumiiyt, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir."

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya segala kerajaan dan segala puji bagi-Nya, Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu."

Doa saat berada di Muzdalifah

"Allahumma innii as-aluka magfirata wa rizqan wa sihhah wa ‘afiyah"

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh ampunan, rezeki, kesehatan, dan keselamatan."

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa menunaikan haji yang dapat membantu kita dalam pelaksanaan ibadah haji. Dalam pelaksanaan ibadah haji, pastikan kita senantiasa menghadirkan hati kita yang khusyuk dan memohon bantuan dari Allah SWT dalam bentuk doa. Selamat menunaikan ibadah haji dan semoga doa kita diterima oleh Allah SWT.