Skip to content
Home » Berapa Nisab Zakat Maal?

Berapa Nisab Zakat Maal?

Berapa Nisab Zakat Maal?

Apa itu Zakat Maal?

Zakat maal atau zakat harta adalah salah satu rukun Islam yang wajib diberikan oleh setiap umat muslim yang telah memenuhi syarat tertentu kepadanya. Zakat maal terdiri dari sejumlah harta tertentu yang harus dikeluarkan oleh setiap orang muslim yang mampu untuk memberikannya kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, janda, dan sebagainya.

Siapa yang Wajib Membayar Zakat Maal?

Setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu adalah wajib membayar zakat maal. Syarat ini meliputi memiliki harta yang mencapai nisab dan telah memenuhi hawl.

Apa itu Nisab?

Nisab adalah bagian penting dalam memahami zakat. Nisab adalah jumlah harta minimum yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum dia dikenakan zakat. Jumlah nisab ini ditentukan oleh syariat Islam dan bisa berbeda tergantung pada jenis harta yang dimiliki.

Berapa Nisab Zakat Maal?

Nisab zakat maal saat ini dilihat dari harga emas sebesar 85 gram atau setara dengan uang sejumlah Rp. 52.672.000,-. Ini adalah nisab zakat yang ditentukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bagaimana Mencari Nishab Zakat Maal?

Mencari nisab zakat maal cukup mudah, tapi membutuhkan perhitungan yang tepat dan teliti. Untuk menghitung nisab zakat maal, Anda perlu mengetahui jumlah harta yang Anda miliki dan menentukan apakah jumlah itu mencapai nisab atau tidak. Jika jumlah harta Anda mencapai atau melebihi nisab, maka Anda harus membayar zakat.

Contoh Perhitungan Nisab Zakat Maal

Sebagai contoh, jika Anda memiliki uang sebesar Rp. 70.000.000,- dan Anda ingin mengetahui apakah Anda harus membayar zakat maal atau tidak, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil harga emas saat itu dan kalikan dengan 85 gram untuk mencari nilai nisab zakat maal. Jika harga emas saat ini sebesar Rp. 620.000,- per gram, maka nisab zakat maal adalah (Rp. 620.000,- x 85 gram) = Rp. 52.672.000,-.
  2. Hitung jumlah harta yang Anda miliki, termasuk uang tunai, tabungan, saham, dan properti yang Anda miliki. Dalam contoh apa pun, jika jumlah harta adalah Rp. 70.000.000,-, itu berarti Anda melebihi nisab zakat maal. Oleh karena itu, Anda harus membayar zakat.
BACA JUGA:   Berapa Kg Beras untuk Zakat?

Kesimpulan

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat tertentu. Salah satu zakat yang wajib diberikan adalah zakat maal atau zakat harta. Nisab zakat maal adalah jumlah harta minimum yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum dikenakan zakat, dan saat ini di Indonesia, nisab zakat maal ditentukan sebesar Rp. 52.672.000,-. Penting untuk menghitung nisab dengan tepat dan teliti agar dapat membayar zakat dengan benar dan menolong orang yang membutuhkan.