Skip to content
Home » Apa Arti Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Apa Arti Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Apa Arti Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap umat Muslim. Zakat umumnya diberikan dalam bentuk harta atau uang untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Ada dua jenis zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap Muslim, yaitu zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah atau juga disebut dengan zakat ul-fitr adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap individu Muslim yang mampu, baik laki-laki maupun perempuan. Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi di daerah setempat. Saat ini, umumnya zakat fitrah dikeluarkan sebesar satu mud kurma atau beras.

Tujuan dari pemberian zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari kekurangan atau kesalahan selama berpuasa dan juga untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu memeriahkan hari raya Idul Fitri.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta atau kekayaan seseorang. Zakat mal wajib dikeluarkan apabila seseorang memiliki harta yang mencapai nisab, yaitu batas minimum harta yang sudah mencukupi untuk dikeluarkan zakat. Besaran zakat mal sendiri adalah 2,5% dari harta yang dimiliki.

Tujuan dari pemberian zakat mal adalah untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan juga untuk membersihkan harta dari sifat-sifat yang tidak berkah dalam pandangan Islam.

Kesimpulan

Dalam Islam, zakat adalah salah satu rukun yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. Ada dua jenis zakat yang harus dikeluarkan, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dikeluarkan setiap tahun pada bulan Ramadhan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, sedangkan zakat mal dikeluarkan dari harta yang dimiliki apabila sudah mencapai nisab. Tujuan dari pemberian zakat adalah untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu dan juga untuk membersihkan diri dari sifat-sifat yang tidak berkah.

BACA JUGA:   Apa itu Zakat Fitrah?