Skip to content
Home » Apa Rukun dan Syarat Zakat?

Apa Rukun dan Syarat Zakat?

Apa Rukun dan Syarat Zakat?

Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim untuk memberikan sebagian dari hartanya kepada yang membutuhkan. Zakat juga merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh umat Islam. Namun, tidak semua orang tahu tentang rukun dan syarat zakat. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan menjelaskan rukun dan syarat zakat yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim.

Rukun Zakat

Rukun zakat adalah aspek asas yang harus dipenuhi ketika memberikan zakat. Ada empat rukun zakat, yaitu:

1. Niat

Hal pertama yang harus dipenuhi adalah niat, yakni niat untuk membersihkan harta dari yang tidak halal. Niat tersebut harus dibuat sebelum mengeluarkan harta.

2. Membayar Zakat dengan Harta yang Dihitung

Harta yang dikeluarkan harus dipenuhi oleh syarat-syarat tertentu, seperti memiliki nilai yang disimpan selama setahun.

3. Membayar Zakat pada Waktunya

Waktu yang dimaksud adalah setahun sekali.

4. Penerima yang Sah

Harta zakat yang diberikan harus disalurkan kepada pihak yang sah dan memenuhi kriteria tertentu, seperti fakir miskin, orang yang berhutang, dan sebagainya.

Syarat Zakat

Selain rukun, terdapat juga syarat yang harus dipenuhi oleh harta yang diberikan sebagai zakat. Syarat tersebut meliputi:

1. Kepemilikan Sepenuhnya

Harta yang diberikan harus dimiliki sepenuhnya oleh pemberi zakat.

2. Harta yang Dikeluarkan adalah Harta Zakat

Harta yang dikeluarkan sebagai zakat haruslah harta yang memenuhi syarat untuk dibayarkan zakat.

BACA JUGA:   Kapan Zakat Fitrah Diberikan?

3. Jumlah yang Mencapai Nisab

Jumlah harta yang dikeluarkan harus mencapai nisab, yakni besaran minimum nominal harta yang wajib dikeluarkan sebagai zakat.

4. Sudah Berlalu Setahun

Harta yang akan dikeluarkan harus sudah dimiliki selama setahun.

Kesimpulan

Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim dan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi. Ada empat rukun zakat yang harus dipenuhi, yaitu niat, membayar zakat dengan harta yang dihitung, membayar zakat pada waktunya, dan penerima yang sah. Selain itu, ada juga syarat zakat yang harus dipenuhi, yaitu kepemilikan sepenuhnya, harta yang dikeluarkan adalah harta zakat, jumlah yang mencapai nisab, dan sudah berlalu setahun. Dengan memahami rukun dan syarat zakat dengan baik, diharapkan umat Islam dapat menunaikan kewajiban zakat dengan benar.