Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji Reguler Jawa Timur

Daftar Tunggu Haji Reguler Jawa Timur

Daftar Tunggu Haji Reguler Jawa Timur

Apakah Anda sedang mencari daftar tunggu haji reguler di Jawa Timur terkini? Sejak tahun lalu, Kementerian Agama mulai menerapkan Sistem Informasi Pendaftaran Haji Online (SIPHO) untuk registrasi jemaah haji di seluruh Indonesia, termasuk Jawa Timur.

Meskipun demikian, keinginan untuk melaksanakan ibadah haji menjadi semakin tinggi setiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar haji yang terus meningkat setiap tahunnya.

Berikut adalah informasi terkini mengenai daftar tunggu haji reguler di Jawa Timur yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi jemaah haji.

Daftar Tunggu Haji Reguler di Jawa Timur

Menurut data terkini dari Kementerian Agama RI, daftar tunggu haji reguler di Jawa Timur tahun ini (2021) mencapai 51.905 orang. Jumlah ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari 77.000 orang.

Namun, jumlah tersebut tidak terlepas dari situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini. Hal ini menjadi faktor utama pemerintah dalam membatasi jumlah jemaah haji tahun ini.

Proses Pendaftaran Haji di Jawa Timur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pendaftaran haji di Jawa Timur menggunakan SIPHO yang dapat diakses melalui laman https://haji.kemenag.go.id.

Namun, sebelum masuk ke dalam proses pendaftaran secara online, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000
  • Mencetak dan mengisi formulir pendaftaran haji dengan lengkap dan benar

Setelah itu, calon jemaah akan mendapatkan nomor urut pendaftaran dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Tahapan selanjutnya adalah pembayaran uang muka dan pelunasan biaya haji.

BACA JUGA:   Segala Sesuatu yang Harus Dikerjakan Sewaktu Melaksanakan Ibadah Haji

Pandemi COVID-19 dan Penangguhan Haji

Pandemi COVID-19 yang masih melanda hingga saat ini menjadi sedikit kendala dalam proses pendaftaran haji yang berlangsung. Hal ini juga menjadi alasan mengapa jumlah pendaftar haji lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, pemerintah juga menunda keberangkatan jemaah haji tahun lalu dan tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Walaupun demikian, pemerintah berharap dapat membuka kesempatan keberangkatan haji pada tahun-tahun mendatang jika situasi pandemi sudah berangsur membaik.

Kesimpulan

Meskipun pandemi COVID-19 masih menghantui, semangat untuk menunaikan ibadah haji tidak pudar. Dengan mengetahui informasi terkini mengenai daftar tunggu haji reguler di Jawa Timur, calon jemaah bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Tetap patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan dan tetap semangat dalam menunaikan ibadah haji. Semoga dalam waktu dekat pandemi COVID-19 dapat teratasi sehingga calon jemaah haji dapat menjalankan ibadah suci dengan tenang dan lancar.

Jangan lupa untuk tetap pantau informasi terbaru seputar haji dan pendaftaran haji di Jawa Timur untuk memastikan persyaratan dan tahapan pendaftaran yang diperlukan.