Skip to content
Home » Prosedur dan Persyaratan Daftar Haji TH 2018 di Sleman

Prosedur dan Persyaratan Daftar Haji TH 2018 di Sleman

Prosedur dan Persyaratan Daftar Haji TH 2018 di Sleman

Hajj merupakan salah satu aspek penting bagi setiap individu muslim yang mampu dan mampu mengumpulkan dana untuk melaksanakan ibadah ini. Hajj juga merupakan rukun Islam yang kelima dan dapat dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, yaitu pada tanggal 8 hingga 13 bulan Dzulhijjah.

Untuk melaksanakan hajj, seseorang harus memenuhi beberapa persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh negara. Pemerintah melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menentukan kuota Jamaah Haji setiap tahun. Di Sleman, calon jamaah haji diwajibkan mengikuti persyaratan dan prosedur yang berlaku untuk dapat mendaftar sebagai jamaah Haji tahun 2018.

Persyaratan untuk Mendaftar Haji

  1. Warga Negara Indonesia
    Jamaah haji harus memiliki kewarganegaraan Indonesia dan memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku. KTP harus asli dan masih berlaku.
  2. Usia
    Jamaah haji harus berusia minimal 18 tahun pada tahun 2018 dan tidak ada batasan usia maksimal.
  3. Sehat Jasmani dan Rohani
    Jamaah haji harus sehat jasmani dan rohani dan memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang masih berlaku.
  4. Tidak Hamil
    Jamaah haji wanita yang sedang hamil dilarang untuk mendaftar.
  5. Pendidikan
    Jamaah haji harus memiliki pendidikan minimal SMP atau sederajat.
  6. Belum Pernah Melaksanakan Haji
    Jamaah haji harus pertama kali melakukan haji, kecuali jika mendaftar sebagai pendamping.
  7. Tidak Sedang Terlibat Proses Hukum
    Jamaah haji harus tidak sedang terlibat proses hukum dan harus memiliki surat keterangan dari kepolisian.

Prosedur untuk Mendaftar Haji

  1. Pendaftaran Awal
    Pendaftaran awal dapat dilakukan dengan mengunjungi Kantor Kementrian Agama di Sleman selama periode pendaftaran. Calon jamaah akan diberikan formulir pendaftaran yang harus diisi dengan lengkap, fotokopi KTP dengan CAPIL, fotokopi paspor, dan pas foto warna terbaru. Setelah mengisi formulir, calon jamaah akan diberikan nomor pendaftaran dan pembayaran awal sebesar Rp 25 juta.
  2. Pembayaran
    Setelah pendaftaran awal selesai, calon jamaah harus membayar sisa biaya dengan jadwal yang telah ditetapkan. Pembayaran dapat dilakukan di Bank Syariah Mandiri atau di ATM BCA. Tunggu hingga pembayaran terkonfirmasi.
  3. Kloter Calon Jamaah
    Calon jamaah akan dikelompokkan menjadi beberapa kloter sesuai dengan jadwal keberangkatan. Kloter tersebut akan diumumkan di Kantor Kementerian Agama Sleman dan harus diikuti oleh calon jamaah. Calon jamaah diinstruksikan untuk menghadiri briefing dan menyelesaikan administrasi sebelum keberangkatan.
  4. Keberangkatan
    Keberangkatan akan dilakukan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan jadwal. Calon jamaah harus selalu siap dan mempersiapkan diri sebelum keberangkatan. Calon jamaah harus membawa perlengkapan yang dibutuhkan dan mengikuti briefing mengenai proses haji.
BACA JUGA:   Daftar Nama-nama Calon Haji Pendaftar Tahun 2017 Kendal: Mengoptimalkan Pencarian di Google

Kesimpulan

Memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak persiapan dan pemenuhan persyaratan yang ketat serta tindakan mengambil tindakan secara tepat dan cermat dalam melaksanakan prosedur pendaftaran. Jika butuh bantuan atau informasi, Anda dapat mengunjungi Kantor Kementerian Agama Sleman untuk mendapatkan bantuan dan informasi yang dibutuhkan. Stay safe, dan jangan lupa pula melaksanakan ibadah yang diwajibkan.