Skip to content
Home » Apa yang Dimaksud Zakat Fitrah?

Apa yang Dimaksud Zakat Fitrah?

Apa yang Dimaksud Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh setiap orang Islam sebagai tanda syukur karena telah diberi kesehatan dan rezeki yang cukup di bulan Ramadhan. Zakat Fitrah dikenal juga dengan zakat fitri yang berasal dari kata “fitr” yang berarti pembebasan atau pelepasan. Zakat Fitrah adalah bentuk pembayaran atas hak individu yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap insan yang hidup di wilayah Islam.

Niat Zakat Fitrah

Sebelum membayar zakat fitrah, niat dilakukan terlebih dahulu. Niat itu adalah niat untuk mengeluarkan zakat fitrah sesuai dengan syariat Islam, semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah SWT. Niatnya dapat dilakukan baik secara verbal maupun dalam hati.

Besaran Zakat Fitrah

Besaran zakat fitrah adalah 2,5 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi dan cocok untuk dikonsumsi oleh setiap orang dalam keluarga. Berdasarkan hadits yang diterima oleh masyarkat Islam, jenis bahan makanan yang sering dipilih untuk zakat fitrah dapat berupa beras, jagung, gandum, atau bahan makanan pokok lainnya yang ada di lingkungan masyarakat.

Penggunaan Zakat Fitrah

Penggunaan zakat fitrah biasanya untuk membayar kebutuhan yang berkaitan dengan tugas-tugas agama seperti bayar zakat pada bulan Ramadhan, pembelian halal bihalal, dan pemberian makanan dan minuman kepada fakir miskin. Zakat fitrah juga biasanya digunakan untuk membiayai kegiatan sosial di komunitas seperti pembuatan sarana ibadah dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang mengalami bencana alam.

Batas Waktu Pelunasan Zakat Fitrah

Batasi pelunasan zakat fitrah adalah paling lambat pada hari raya Idul Fitri. Cara pembayaran tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bahan makanan langsung atau dengan uang. Besaran uangnya disesuaikan dengan harga pasar dari bahan makanan yang biasa dipilih untuk zakat fitrah.

BACA JUGA:   Berapa Zakat Fidyah: Panduan Lengkap untuk Anda

Kenapa Harus Membayar Zakat Fitrah?

Membayar zakat fitrah dapat mempererat tali silaturahmi di antara sesama muslim. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:

" yang bisa mengeluarkan zakat ataupun sedekah baik dengan uang maupun apa yang ada di jangkauan tangan nya, hendaknya dia melakukannya. Dalam Islam, zakat fitrah adalah amal sholeh yang diwajibkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim saat bulan Ramadhan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh semua umat Muslim pada akhir bulan Suci Ramadan. Nilai zakat fitrah disesuaikan dengan harga bahan makanan tertentu. Dana zakat fitrah ini digunakan untuk membantu membayar zakat Ramadan, kegiatan sosial, dan sejumlah hal lainnya yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi. Seorang Muslim yang melunasi zakat fitrah akan merasakan kebahagiaan dan keberkahan dalam hidupnya. Membayar zakat fitrah akan memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.