Skip to content
Home » Doa Manasik Haji Latin: Memudahkan Jamaah Haji dalam Melakukan Doa

Doa Manasik Haji Latin: Memudahkan Jamaah Haji dalam Melakukan Doa

Doa Manasik Haji Latin: Memudahkan Jamaah Haji dalam Melakukan Doa

Para jamaah haji tentunya membutuhkan banyak doa untuk memohon perlindungan dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji. Salah satu doa yang sering dibaca adalah doa manasik haji, yang merupakan doa yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan ibadah haji.

Namun, tidak semua jamaah haji mampu membaca doa manasik haji dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, banyak jamaah haji yang mengandalkan doa manasik haji dalam bentuk tulisan Latin agar memudahkan dalam menghafal dan membacanya.

Berikut ini adalah doa manasik haji dalam tulisan Latin:

Niat Ihram

"Labbaika Allāhumma ‘an bihajj".
Artinya, "Aku memenuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berhaji".

Doa Ketika di Mekah

"Allāhumma bārik lana fī rajab wa sya’ban wa balighnā ramadhan".
Artinya, "Ya Allah, berikanlah berkah untuk kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta biarkan kami mencapai bulan Ramadan".

Doa di Padang Arafah

"Allāhumma inna nasaluka ridhaaka waljannah, wa na’ūdhu bika min sakhatika wan-nar".
Artinya, "Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keridhaan-Mu dan surga-Mu, serta kami berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan api neraka".

Doa di Muzdalifah

"Allāhumma innī as’aluka minal khairi kullihi ajilihi wa ajili mā ba’dahu".
Artinya, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan, baik untuk saat ini maupun untuk masa depanku".

Doa Sa’i antara Safa dan Marwah

"Rabbana atina fiddunyaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan waqinaa azaban-naar".
Artinya, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa api neraka".

BACA JUGA:   Berdoa Niat Haji dan Artinya: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah Haji

Doa di Mina

"Allāhumma innī uhibbuka wa uhibbu man yuhibbuka, wal khalqu kulluhu yuqalli’una ‘alā hubbika faj’al hubbuka ahabba ilaiya min nafsi wa ahli wa minal māil barid".
Artinya, "Ya Allah, aku mencintaimu dan mencintai orang yang mencintaimu. Seluruh makhluk di dunia mencintaimu, maka jadikanlah cintamu lebih aku cintai daripada diri, keluarga, dan air yang dingin".

Doa di Makkah setelah Haji

"Allāhumma, taqabbal minnā hāzhā alhajja, kama taqabbaltahū min rabbana Ibrāhīma wa mosa wa haruna wa ibnā ibrahīma, wa barik lana fīh, wa huzza lannā sayyihū".
Artinya, "Ya Allah, terimalah haji kami, sebagaimana Engkau menerima haji dari Nabi Ibrahim, Musa, Harun, dan anak cucu Ibrahim. Berikanlah keberkahan pada kami dan jadikanlah haji kami yang berat ini sebagai penghapus dosa-dosa kami".

Itulah beberapa doa manasik haji dalam tulisan Latin yang mudah dipahami dan dihafal oleh jamaah haji. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi jamaah haji dalam menjalankan ibadah haji mereka. Barakallah fiikum.