Skip to content
Home » Berapa Nisab dan Zakatnya Emas

Berapa Nisab dan Zakatnya Emas

Berapa Nisab dan Zakatnya Emas

Apakah Anda memiliki emas sebagai investasi? Jika ya, maka Anda harus mengetahui berapa nisab emas dan berapa kewajiban zakatnya. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai masalah tersebut.

Apa itu Nisab Emas?

Nisab emas merujuk pada jumlah emas minimal yang harus dimiliki oleh seseorang untuk wajib dikenakan zakat. Jumlah nisab emas ini ditentukan berdasarkan nilai emas saat ini dan diukur dalam satuan gram.

Menurut ulama Hanafi, nisab emas dalam Islam adalah 20 dinar atau sekitar 85 gram. Sementara menurut ulama Syafi’i, nisab emas sebesar 20 mitsqal atau sekitar 594 gram.

Namun, untuk kepentingan praktis, kita akan menggunakan nisab emas ulama Hanafi yang sebesar 85 gram.

Berapa Zakat Emas yang Harus Dibayar?

Setelah mengetahui berapa nisab emas yang harus dimiliki, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah berapa besaran zakat yang harus dibayar.

Besaran zakat emas sebesar 2,5% dari nilai emas yang dimiliki. Contohnya, jika Anda memiliki 100 gram emas dengan harga Rp 700 ribu per gram, maka jumlah zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 1,75 juta.

Kapan Waktu Pembayaran Zakat Emas?

Pembayaran zakat emas tidak harus dilakukan secara bersamaan dengan zakat fitrah yang dibayarkan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Waktu pembayaran zakat emas bisa dilakukan kapan saja jika Anda sudah mencapai besaran nisab.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika sudah memasuki hitungan satu tahun sejak memiliki emas yang mencapai nisab. Maka, pada waktu itu, wajib bagi Anda untuk membayar zakat emas.

BACA JUGA:   Bagaimana Menguji Teknologi Menggunakan Tamp e-Zakat

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai berapa nisab dan zakatnya emas yang harus Anda ketahui sebagai seorang muslim. Jangan lupa untuk mencatat catatan keuangan Anda dan membayar zakat emas tepat waktu.

Mari beramal baik dan terus meningkatkan kualitas iman dan amal kita. Semoga tulisan ini menjadi bermanfaat bagi kita semua.