Skip to content
Home » Niat Qadha Puasa Ramadhan dan Rajab

Niat Qadha Puasa Ramadhan dan Rajab

Niat Qadha Puasa Ramadhan dan Rajab

Pengenalan

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh semua umat Muslim. Puasa dilakukan sebagai bentuk ibadah pada bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci bagi umat Islam. Namun terkadang, ada beberapa orang yang tidak bisa melaksanakan puasa Ramadhan dengan sempurna, baik karena alasan kesehatan atau alasan tertentu lainnya. Untuk itu, niat qadha puasa Ramadhan dan rajab perlu dilakukan.

Niat Qadha Puasa Ramadhan

Qadha puasa Ramadhan adalah puasa yang dilakukan oleh seseorang yang tidak bisa melaksanakan puasa Ramadhan pada waktunya karena alasan tertentu. Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk segera mengganti puasa yang tidak dilakukan selama bulan Ramadhan dengan puasa qadha. Puasa qadha dilaksanakan dengan niat khusus, yaitu:

أُصِّلِّيْ غَدَاً نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمَاضِيْ قَضَاءً لِلهِ تَعَالَى

“Ushluukhi ghadaan, nawaitu shauma shahri romadanal-maadi qodhon lillahi ta’ala."

Artinya “Aku berniat besok berpuasa untuk mengganti puasa di bulan Ramadhan yang lalu karena Allah Ta’ala.”

Puasa qadha ini bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan selesai, baik pada bulan Syawal atau pada bulan-bulan setelahnya. Namun, sebaiknya puasa qadha ini segera dilakukan setelah bulan Ramadhan.

Niat Qadha Puasa Rajab

Selain melaksanakan puasa qadha Ramadhan, umat Muslim juga dianjurkan untuk mengganti puasa selain bulan Ramadhan, salah satunya adalah puasa Rajab. Puasa Rajab dilakukan dengan niat khusus, yaitu:

أُصِّلِّيْ غَدَاً نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ قَضَاءً لِلهِ تَعَالَى

"Ushluukhi ghadaan, nawaitu shauma syahri rajaba qodhon lillahi ta’ala."

Artinya “Aku berniat besok berpuasa untuk mengganti puasa di bulan Rajab karena Allah Ta’ala.”

Puasa qadha Rajab bisa dilakukan setiap saat, baik pada bulan Rajab atau bulan-bulan setelahnya. Namun, sebaiknya puasa qadha ini segera dilakukan setelah bulan Rajab.

BACA JUGA:   Amalan di Bulan Puasa Ramadan

Kesimpulan

Niat qadha puasa Ramadhan dan Rajab perlu dilakukan oleh umat Muslim yang tidak bisa melaksanakan puasa Ramadhan atau puasa Rajab pada waktunya karena alasan tertentu. Puasa qadha dilakukan dengan niat khusus dan bisa dilakukan setiap saat. Sebagai umat Muslim, kita perlu menjalankan puasa qadha dengan sebaik-baiknya sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT.