Skip to content
Home » Doa Saat Thawaf Haji Antara Hajar Aswad

Doa Saat Thawaf Haji Antara Hajar Aswad

Doa Saat Thawaf Haji Antara Hajar Aswad

Saat melakukan ibadah haji, ada banyak doa yang harus dibaca dan diamalkan. Salah satu doa yang amat penting adalah doa saat thawaf haji antara hajar aswad. Doa ini merupakan doa yang banyak diucapkan oleh jamaah haji ketika melakukan thawaf di Ka’bah.

Apa Itu Thawaf Haji?

Thawaf haji atau thawaf qudum merupakan pilar dalam ibadah haji. Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam. Setiap kali melakukan thawaf, jamaah harus berjalan melingkar mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad.

Thawaf haji dilakukan pada hari ke-7 atau ke-8 saat haji, setelah wukuf di Arafah. Saat melakukan thawaf haji, jamaah berada dalam keadaan ihram, yaitu pakaian khusus haji yang dikeringkan dan tidak terdapat jahitan.

Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah batu hitam yang terletak di sudut Ka’bah. Batu ini diyakini sebagai batu yang diturunkan dari surga dan merupakan bukti kesucian dan kekuasaan Allah. Jamaah haji menganggap melakukan thawaf di sekitar Hajar Aswad sebagai salah satu hal yang sangat penting dalam melengkapi ritual haji.

Doa Saat Thawaf Haji antara Hajar Aswad

Berikut ini adalah doa saat thawaf haji antara hajar aswad yang patut dihafal oleh setiap jamaah haji :

"Bismillaahi wallaahu akbar. Allahumma i’tinaa bi tawfati ka wa maghfiratika wa rizaa ka. Allahumma innaa nas-aluka min khairi maa sa-aluka minhoo ‘abduka wanabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wa sallama wa na ‘uzhu bika min syarri maa ‘azza bika ‘abduka wanabiyyuka sallallahu ‘alaihi wa sallama. Allahumma innaa na’oodzu bika an nu shrika bika shai-an wa na’lamu wa nastaghfirukal limaa laa na’lamu. Allaahumma iyyaaka na’budu wa laka nuschalli wa nasjudu wa ilayka nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha azhaabaka inna ‘azzaabaka bil-kuffaari mulhiq. Allahumma iyyaaka na’budu wa laka nuschalli wa nasjudu wa ilayka nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha azhaabaka inna ‘azzaabaka bil-kuffaari mulhiq."

Artinya :

"Dengan menyebut nama Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, berilah kami keberkahan dalam thawaf ini, pengampunanMu, dan keridhaanMu. Ya Allah, kami memohon kepadaMu segala yang baik, seperti apa yang dipohonkan kepadaMu oleh hambaMu dan NabiMu Muhammad saw. Kami berlindung kepadaMu dari segala yang buruk, seperti apa yang dihindari oleh hambaMu dan NabiMu Muhammad saw. Ya Allah, kami berlindung dari menyekutukanMu dengan sesuatu dan kami memohon pengampunanMu atas apa yang tidak kami ketahui. Ya Allah, hanya kepadaMu kami beribadah, hanya kepadaMu kami bersujud, hanya kepadaMu kami memohon dan hanya kepadaMu kami berharap. Kami berharap rahmatMu dan kami takut akan azabMu yang menimpa orang-orang kafir."

Doa ini berisi permohonan pengampunan dan rahmat dari Allah, serta perlindungan dari segala hal buruk. Dalam doa ini, jamaah haji juga memohon keberkahan dan ridha Allah selama melaksanakan thawaf.

BACA JUGA:   Ini Dia Kumpulan Doa-doa Saat Beribadah Umroh dan Haji

Kesimpulan

Doa saat thawaf haji antara hajar aswad merupakan doa yang amat penting saat melakukan ibadah haji. Doa ini berisi permohonan pengampunan, perlindungan, dan rahmat dari Allah. Dengan menghafal dan membaca doa ini, jamaah haji berharap mendapatkan keberkahan dan ridha Allah.