Skip to content
Home » Berapa Zakat Fitrah yang Harus Dikeluarkan Setiap Jiwa?

Berapa Zakat Fitrah yang Harus Dikeluarkan Setiap Jiwa?

Berapa Zakat Fitrah yang Harus Dikeluarkan Setiap Jiwa?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada akhir bulan Ramadan. Zakat Fitrah ditujukan untuk membantu orang yang membutuhkan, terutama bagi mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan untuk setiap jiwa memiliki ketentuan yang harus dipenuhi.

Berapa Jumlah Zakat Fitrah yang Wajib Dikeluarkan?

Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), zakat fitrah yang harus dikeluarkan setiap jiwa adalah sebesar 3,5 liter bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Bahan makanan ini dapat berupa beras, jagung, atau gandum.

Namun, jika masyarakat setempat tidak cukup memenuhi persyaratan tersebut, maka dapat dikeluarkan zakat fitrah dalam bentuk uang sebesar nilai yang setara dengan bahan makanan pokok tersebut. Besaran uang yang harus dikeluarkan harus sesuai dengan harga yang berlaku pada saat zakat fitrah dikeluarkan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah?

Pembayaran Zakat Fitrah biasanya dilakukan pada hari-hari yang dekat dengan lebaran. Pembayaran zakat fitrah ini bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan untuk dapat merayakan hari raya idul fitri dengan gembira dan bahagia.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah harus diberikan kepada orang yang membutuhkan dan layak menerima. Mereka yang berhak menerima zakat fitrah, antara lain orang yang tergolong miskin, orang yang tidak mampu, dan orang yang terisolasi.

Penerima zakat fitrah harus dipilih dengan hati-hati dan berdasarkan kebutuhan yang mereka miliki. Pastikan bahwa zakat fitrah yang diberikan sampai kepada mereka yang berhak menerimanya.

BACA JUGA:   Cara Menghitung Zakat Harta atau Kekayaan

Penutup

Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar 3,5 liter bahan makanan pokok atau nilai setara dalam bentuk uang. Pembayaran zakat fitrah sebaiknya dilakukan pada hari-hari yang dekat dengan lebaran. Pastikan zakat fitrah yang diberikan kepada orang yang berhak menerimanya dan memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan membayar Zakat Fitrah, kita dapat membantu saudara-saudara kita yang menderita dan memenuhi hak sosial yang menjadi bagian dari nilai-nilai islam. Oleh karena itu, mari kita bayar zakat fitrah kita dengan tepat waktu dan tepat sasaran.